Categories: Ketapang

Ketabung Manalau Gelar Pawai Bhineka Sambut Tahun Baru 2020

KalbarOnline, Ketapang – Dalam rangka menutup tahun 2019 dan menyambut tahun baru 2020, organisasi kepemudaan Ketabung Manalau menggelar seminar kenakalan remaja dan bahaya narkoba serta pawai bhineka yang diikuti beberapa etnis suku yang ada di Kecamatan Air Upas yang dirangkai dengan pawai Bhineka sebagai acara puncak yang digelar di lapangan Benua Sekaling Air Upas. Sebelum dimulai, peserta pawai melakukan arak-arakan melewati beberapa desa dan dusun yang ada di Kecamatan Air Upas, Senin (30/12/2019).

Masyarakat pun tampak antusias menyaksikan arak-arakan peserta pawai dan memadati lapangan Benua Sekaling Air Upas untuk menyaksikan beberapa pertunjukan atraksi mandau khas suku dayak.

Dewan pembina Ketabung Menalau, Sio Liong Silvanus mengatakan bahwa pawai bhineka yang diinisiasi oleh Ketabung Manalau serta mendapat dukungan positif dari muspika ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi, mengajarkan toleransi, gotong royong, kebersamaan dari semua suku. Dan secara umum agar semua masyarakat Air Upas dapat memahami tentang toleransi antara suku dan agama.

“Pawai bhineka ini diinisiasi oleh Ketabung Manalau yang tujuannya tentu untuk mempererat silaturahmi, toleransi, gotong royong semua suku karena kebetulan kita juga mengundang dan melibatkan semua etnis suku yang ada di Kecamatan Air Upas. Ditambah lagi kita mendapat dukungan yang positif dari pihak pemerintah kecamatan,” ujarnya.

Menurutnya kegiatan tersebut berjalan baik, bermodalkan nekat. Nekat pertama kata dia, karena tidak mempunyai pengalaman. Kemudian minimnya anggaran. Namun acara tersebut menurutnya, berjalan sukses walaupun tidak semua sempurna.

“Ke depannya kita akan pusatkan di kota Kecamatan Air Upas yang akan melibatkan lebih banyak lagi stakeholder, pemerintah, perusahaan, pengusaha lokal dan suku-suku lainnya. Kami juga mengucapan ribuan terima kasih kepada perusahaan, pengusaha lokal, masyarakat dan semua pihak yang terlibat dan mensupport niat baik kami ini,” tandasnya. (Goda)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: Ketapang

Recent Posts

Windy Sebut Gawai Dayak Sangat Potensial Masuk ke Kalender Event Nusantara Kemenparekraf

KalbarOnline, Pontianak - Salah satu event wisata budaya yang digelar setiap tahun di Rumah Radakng,…

40 mins ago

Gawai Dayak di Pontianak Tahun Ini Akan Ada Karnaval Air

KalbarOnline, Pontianak - Pekan Gawai Dayak ke-XXXVIII Tahun 2024 Kalimantan Barat akan digelar pada 20…

41 mins ago

Sarina, Finalis Putri Hijabfluencer Kalbar 2024 Asal Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Sarina (18 tahun) lahir di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten…

8 hours ago

Hadapi Seleksi STQ dan TC, Pengurus LPTQ KKU Audiensi ke Pj Bupati Romi Wijaya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kayong Utara (KKU) melakukan…

8 hours ago

Kalbar Siap Sajikan Tarian Terbaik pada Gelaran Akbar di IKN

KalbarOnline, Pontianak - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) secara nasional…

11 hours ago

Tim Penari Hasil Audisi Pemprov Kalbar Siap Meriahkan Rangkaian HUT 79 RI di IKN

KalbarOnline, Pontianak - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal…

11 hours ago