Komunitas Kalbar Bertilawah Isi Tahun Baru Dengan Melantunkan Ayat Suci Alquran

KalbarOnline, Pontianak – Sekumpulan pemuda yang membentuk komunitas Kalbar Bertilawah berencana mengisi malam pergantian tahun baru dengan cara mulia. Komunitas yang beranggotakan qori-qoriah ini bakal mengisi malam tahun baru 2020 dengan ‘Haflatul Quran’ atau melantunkan ayat suci Alquran dengan irama tilawah secara massal.

Ketua Komunitas Kalbar Bertilawah, Andi Akbar mengatakan, kegiatan Haflatul Quran ini merupakan sebuah gerakan antitesis dari bentuk perayaan tahun baru pada umumnya. Jika perayaan tahun baru lazimnya dirayakan dengan hura-hura, Kalbar Bertilawah justru mengisinya dengan kegiatan bernuansa religius, yakni dengan melantunkan ayat-ayat suci Alquran.

“Kami (Kalbar Bertilawah) ingin menunjukkan bahwa merayakan tahun baru itu tidak selamanya negatif. Ada cara-cara positif yang bisa dilakukan anak-anak muda, termasuk dengan kegiatan Haflatul Quran Akbar, seperti yang akan kami laksanakan nanti,” ujarnya saat dijumpai di Masjid Agung Al Falah, Jalan Hasanuddin Pontianak, baru-baru ini.

Baca Juga :  Kenalkan Budaya Saprahan di Kalangan Generasi Muda

Andi menambahkan, pelaksanaan kegiatan Haflatur Quran ini juga dalam rangka mempererat silaturahmi antar qori-qoriah se-Kalimantan Barat. Komunitas Kalbar Bertilawah juga menjadikan Haflatul Quran ini sebagai ajang persiapan, bagi qori-qoriah yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kalbar, April 2020 mendatang.

“Dengan Haflatul Quran, Insya Allah jalinan silaturahmi qori-qoriah bisa terus dirawat. Jadi, mereka-mereka ini tidak hanya bertemu pada saat MTQ saja. Nah, kegiatan ini juga sebagai persiapan awal bagi kami (qori-qoriah) untuk menyongsong MTQ tingkat provinsi. Karena, pada saat melantunkan ayat suci Alquran itu kan pasti ada kesalahan. Nah, kesalahan-kesalahan itulah yang akan kami minimalisir supaya penampilan pada saat MTQ provinsi jadi lebih optimal,” jelasnya.

Baca Juga :  Kejati Kalbar Dukung Kejari Pontianak Bongkar Mafia Pelabuhan

Pelaksanaan kegiatan yang bakal diramaikan oleh puluhan qori-qoriah ini akan dimulai bakda sholat Isya pada Selasa (31/12/2019) malam, bertempat di Masjid Agung Al Falah, Jalan Hasanuddin Pontianak. Meskipun hanya dikhususkan bagi kalangan qori-qoriah, kegiatan Haflatul Quran ini terbuka bagi siapa saja yang hendak ikut menyaksikan. (Fai)

Comment