Empat Tahun Terbengkalai, Gedung Dinas Perkebunan Kalbar Akhirnya Diresmikan

Gubernur Resmikan Gedung Kantor Dinas Perkebunan Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Satu lagi sarana dan prasarana yang melengkapi fasilitas pelayanan dan aktivitas perkantoran di Kalimantan Barat. Bangunan Dinas Perkebunan Kalbar berdiri megah di Jalan Moh Hambal Pontianak diresmikan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, Minggu (22/12/2019).

Pembangunan gedung tiga lantai yang bersumber dari APBD Provinsi Kalbar itu diharapkan dapat meningkatkan kinerja para aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar.

Sutarmidji mengaku bersyukur, gedung yang sudah empat tahun terbengkalai ini akhirnya bisa selesai dibangun dan diresmikan. Oleh karena itu, ia berharap agar gedung baru ini bisa meningkatkan kinerja jajaran Dinas Perkebunan Kalbar.

“Harus diikuti dengan peningkatan kinerja pula, karena sudah didukung dengan suasana kerja yang nyaman. Tapi sudah lumayan, berdasarkan penilaian Ombudsman, sudah masuk zona hijau. Di sini banyak ngurus soal perkebunan, karena kemarin sudah lama juga numpang di ruko, takutnya kalau gedung ini tidak segera diselesaikan pembangunannya, akan berpengaruh ke struktur tanahnya,” ujarnya saat diwawancarai usai peresmian.

Baca Juga :  Dukung Penanganan Covid Daerah, Midji Bantu Ambulance dan Oksigen Konsentrator

Dirinya meminta agar jajaran Dinas Perkebunan Kalbar segera menempati gedung baru itu walaupun tahun depan baru akan dilakukan pembenahan di beberapa titik seperti pagar dan sebagainya.

“Dinas Perkebunan sudah harus pindah ke sini, walaupun pagarnya tahun depan baru dibenahi, tapi kantor ini sudah boleh ditempati,” tukasnya

Orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini menargetkan infrastruktur perkantoran sudah harus terselesaikan semuanya pada tahun 2020. Sebab, mulai tahun 2021 hingga tahun-tahun berikutnya, pihaknya akan fokus pada infrastruktur jalan, jembatan dan sebagainya.

“Ada satu lagi yang sudah selesai (infrastruktur perkantoran), tapi saya mau ambil momen peresmiannya pada Hari Jadi Pemprov Kalbar, yaitu ruang VIP Bandara Supadio yang sudah tiga tahun terbengkalai. Tahun ini kite selesaikan, kalau ada lagi gedung yang mangkrak akan saya selesaikan,” tukasnya.

Baca Juga :  Mengandung DNA Babi, BPOM RI Perintahkan Produsen Tarik Viostin DS dan Enzyplex di Pasaran

“Memang target saya 2019-2020 itu semua infrastruktur perkantoran harus selesai termasuk rumah sakit, penataan kantor Gubernur. Kalau kantor Gubernur maksimal toleransinya di bulan Maret 2021. Nah, APBD 2021 kita fokus pada jalan, jembatan dan sebagainya. Mungkin lebih dari 60 persen untuk itu. Insya Allah bisa sebagian besar kita tuntaskan, termasuk air bersih,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Perkebunan Kalbar, Florentinus Anum mengaku bersyukur gedung baru dinas yang dipimpinnya itu bisa terselesaikan dan diresmikan setelah penantian panjang. Karena menurut dia, selama ini pihaknya bekerja di ruko yang tidak representatif untuk penyelenggaraan pemerintahan.

“Kita bersyukur, akhirnya setelah penantian panjang empat tahun, bisa diselesaikan dan diresmikan. Kita syukuri betul-betul, mudah-mudahan bisa meningkatkan kinerja kami di bidang perkebunan. Saya secara pribadi sangat bersyukur. Sesuai arahan Gubernur, ini harus segera difungsikan untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat,” tandasnya. (Fai)

Comment