Buka Rakon BKOW-GOW se-Kalbar, Bupati Jarot Sebut Pentingnya Peranan Kaum Ibu

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka rapat konsolidasi XIX Badan Kerjasama Organisasi Wanita-Gabungan Organisasi Wanita (BKOW-GOW) se-Kalimantan Barat di Rumah Adat Melayu Tapak Sirih Sintang, Jumat (20/12/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Jarot mengatakan, banyak fokus yang dapat diperbaiki lewat peranan dari ibu-ibu. Seperti diketahui, terdapat lima prioritas pembangunan Presiden dan Wakil Presiden hingga lima tahun mendatang, di antaranya pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi dan transformasi ekonomi untuk menyokong target SDM Unggul, Indonesia Maju.

“Selain pertumbuhan ekonomi yang harus lebih baik. Ada lima prioritas yang harus kita kejar. Ada pembangunan infrastruktur dasar harus dilanjutkan. Pemangkasan birokarasi dan inovasi di segala lini. IPM (indeks pembangunan manusia) adalah potret kondisi manusia daerah setempat. Sektor pendidikan, kesehatan dan pendapatan perkapita. Ketiga hal ini bisa diperbaiki dengan peranan dari ibu-ibu. Mulai dengan memberikan ASI dan merawat anak-anak,” ujarnya.

Baca Juga :  Gubernur Inventarisir Kebutuhan Sintang Pasca Banjir

“Saya harap dengan bergabung dan berperan aktif di organisasi wanita, dapat memberikan sumbangsih yang besar,” tandasnya.

Ketua panitia kegiatan yang juga merupakan Kadisporapar Sintang, Hendrika mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya dengan tempat pelaksanaan digilir antar kabupaten/kota se-Kalbar.

Baca Juga :  Keluarga Almarhum UJ Tak Terima, Oteng: Kami Minta Polisi Segera Proses Raymon Sanchez

Kegiatan ini, kata dia, bertujuan untuk memfasilitasi silaturahmi antar organisasi wanita yang ada serta merumuskan berbagai upaya sinergi gerakan organisasi perempuan dengan institusi dan pemerintah.

“Tahun ini kita berfokus pada sektor kesehatan. Karena itu tema yang kita usung itu tentang ‘peningkatan indeks pembangunan manusia’ Kalimantan Barat melalui peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak,” tuturnya.

Sebanyak 214 peserta hadir sebagai utusan dari seluruh Kalbar. Ada beberapa kegiatan yang diagendakan oleh panitia. Mulai dari seminar, senam, aneka lomba hingga wisata bersama. Turut hadir dalam acara pembukaan rapat konsolidasi itu, Anggota DPD-RI dapil Kalbar, Herlina Nasir, sejumlah anggota perempuan DPRD Sintang dan sejumlah tokoh masyarakat Sintang. (*/Sg)

Comment