Bupati, Kapolres dan Dandim Kompak Wujudkan Ketapang Tentram Jelang Nataru

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kapuas 2019

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan memimpin apel gelar pasukan di Operasi Lilin Kapuas 2019 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020 (Nataru) yang dilangsungkan di halaman Mapolres Ketapang, Kamis (19/12/2019). Turut hadir, Kapolres Ketapang, AKBP R Siswo Handoyo serta perwakilan Kodim 1203/Ketapang dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Operasi yang akan berlangsung selama 10 hari sejak 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 ini dimulai dengan apel gelar pasukan yang diselenggarakan Polres Ketapang dalam rangka memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan. Apel ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan tanda operasi kepada anggota TNI-Polri dan Pol PP serta sejumlah personel terkait lainnya.

Bupati Martin dalam amanat tertulis Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz menuturkan bahwa Operasi Lilin Kapuas 2019 ini mengusung tema ‘Kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020’.

Baca Juga :  Tujuh Fraksi Setujui Perda APBD Ketapang Tahun Anggaran 2017

Di mana operasi ini, kata dia, diselenggarakan serentak di seluruh jajaran untuk memastikan kesiapsiagaan seluruh personel dalam rangka pengamanan soliditas satuan yang dilibatkan serta untuk menumbuhkan ketenangan dan keamanan bagi masyarakat dalam merayakan Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Bupati Martin mengatakan, tetap mendukung dan siap membackup tugas TNI-Polri dalam Operasi Lilin tahun 2019.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat pada perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020 tentang meningkatkan kerukunan antar umat beragama, saling menghormati dan saling toleransi antar umat beragama di Ketapang yang selama ini terus terjaga.

“Kalau muslim sholat Ied, umat nasrani ikut menjaga dan mengamankan, demikian juga yang agama nasrani natalan, umat muslim menjaga. Di Ketapang hal seperti ini sudah terbiasa dan tetap kita teruskan dan ditingkatkan lagi toleransi ini,” tegasnya.

Kepada kaula muda dalam menyambut tahun baru 2020, Bupati berpesan tetap menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban dengan menjalankan amanah dari Kapolri seperti tidak kebut-kebutan di jalan, tidak pesta minuman keras, narkoba dan sebagainya.

Baca Juga :  Polres Ketapang Pastikan Kematian Tahanan Polsek Marau Murni Kecelakaan

“Supaya situasi aman dan terkendali di Kabupaten Ketapang. Pemda juga akan mengadakan acara malam tutup tahun dalam rangka menyampaikan pesan-pesan moral, pesan-pesan perdamaian dan kerukunan untuk Kabupaten Ketapang,” pungkasnya.

Sementara Kapolres Ketapang, AKBP R Siswo Handoyo mengatakan apel gelar pasukan ini dalam rangka untuk mengamankan dan mensukseskan perayaan Natal dan tahun baru.

“Harapan kita dapat berseinergi dengan TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan dinas terkait lainya dalam rangka perayaan Natal dan tahun baru, supaya kegiatan tersebut dapat berjalan aman dan lancar,” ucapnya.

Kepada para generasi muda Kapolres berharap, dalam merayakan tahun baru tidak ada lagi dengan kebut-kebutan dan pesta minuman keras.

“Mari kita arahkan kegiatan Natal dan tahun baru itu banyak beribadah dengan melaksanakan kegiatan di tempat tempat peribadatan,” ajaknya.

Kapolres turut mengingatkan kemungkinan-kemungkinan gangguan keamanan yang selalu ada. Namun ia optimis dengan adanya sinergisitas dengan pemangku kepentingan yang ada.

“Harapannya, Ketapang Insya Allah aman dan damai,” tegasnya. (Adi LC)

Comment