Kades Perempuan Ini Optimis Ubah Status Desa Tertinggal Jadi Desa Maju

KalbarOnline, Kubu Raya – Dari 60 Kepala Desa terpilih masa periode 2019-2025 terdapat satu Kepala Desa dari kaum perempuan. Adalah Yanti yang terpilih sebagai Kepala Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Batu Ampar, Kubu Raya. Memimpin desa yang terisolir, Yanti merasa optimis dapat merubah status desanya yang tertinggal menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Desa Tanjung Beringin merupakan desa yang paling jauh jaraknya dari desa-desa yang ada di Kecamatan Batu Ampar, Yanti menuturkan, untuk mencapai ke Kecamatan Batu Ampar, masih harus menggunakan transportasi air dan memelurkan waktu empat jam menggunakan speedboat.

Dengan keadaan seperti itu, Yanti optimis akan mengelola anggaran dana desa untuk dialokasikan ke pembangunan infrastruktur jalan yang akan diakses masyarakat desanya menuju ke desa-desa tetangga, sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat.

Baca Juga :  Dua Kelompok Buruh yang Bentrok di Sungai Raya Kubu Raya Sepakat Damai

“Yang menjadi prioritas penyusunan dalam penggunaan anggaran desa adalah pembangunan jalan poros yang menghubungkan ke Desa Betuah dan Desa Sumber Agung, karena selama ini akses jalan belum ada sehingga aktivitas perekonomian masyarakat menjadi terhambat,” ucapnya, di Aula Gardenia, Selasa (17/12/2019).

Baca Juga :  Gantikan Brigjen Pol Amrin Remico, Ini Dia Pengisi Jabatan Wakapolda Kalbar, Ternyata Perempuan

Tidak hanya masalah jalan penghubung sebut Yanti, kendala pelayanan kesehatan serta pendidikan masih menjadi pemandangan sehari-hari di lingkungan masyarakat desanya. Yanti mencontohkan sarana pendidikan saat ini belum lengkap seperti gedung sekolah tingkat SMP dan SMA.

“Gedung SD-nya hanya ada satu, untuk melanjutkan pendidikan mesti ke kota lagi,” tandas perempuan berumur 41 tahun ini kepada awak media. (ian)

Comment