MTAMT Sekadau Lanjutkan Maulid Tradisional Keliling ke Dusun Jabai

KalbarOnline, Sekadau – Majelis Taklim Al-Barzanji Maulid Tradisional (MTAMT) Kabupaten Sekadau melanjutkan Maulid Nabi Tradisional keliling. peringatan hari lahir Nabi Muhammad ke-1441 Hijriah oleh MTAMT Sekadau kali ini dipusatkan di Masjid Al-Akhlak, Dusun Jabai Kampung Baru, Desa Rawak Hilir, Kecamatan Sekadau Hulur, Kabupaten Sekadau, Sabtu (14/12/2019).

Turut hadir Ketua Umum Majelis Taklim Maulid Tradisional (MTAMT) Sekadau, H. Abdul Bakar beserta pengurus, Kepala Dusun Jabai, pengurus Masjid Al-Akhlak, para alim ulama dan seluruh jamaah yang berasal dari berbagai desa di Kecamatan Sekadau Hulu yang sengaja hadir untuk memeriahkan perayaan Maulid Tradisional di Dusun Teluk Pasir. Lantunan Shalawat oleh para jamaah menggema dalam peringatan hari lahir Nabi Muhammad sebagai tuntunan kehidupan umat Muslim di dunia.

Ketua MTAMT Sekadau, H. Abdul Bakar menuturkan, Maulid Tradisional ini dilakukan selama empat bulan ke depan, yang mana dalam pelaksanaannya dilaksanakan secara keliling dari masjid ke masjid se-Kabupaten Sekadau dan sekitarnya yang meliputi tiga zona.

Baca Juga :  Polres Terjunkan Personel Amankan Acara Penyambutan Jamaah Haji Sekadau

“Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan Maulid Tradisional di Masjid Al-Akhlak Dusun Jabai,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kecamatan Sekadau Hilir dan Sekadau Hulu masuk dalam zona 1 pelaksanaan Maulid Tradisional MTAMT Sekadau. Sementara zona 2 meliputi Kecamatan Nanga Taman dan Nanga Mahap. Sedangkan zona 3 meliputi wilayah Belitang.

“Jadwal ini sudah kita susun dan rancang jauh sebelum kegiatan peringatan Maulid ini dilakukan dan sudah berkoordinasi dengan seluruh pengurus Masjid. Jadi seluruh masjid yang ada di Kabupaten Sekadau telah diberikan jadwal dan sesuai jadwal kita laksanakan secara bertahap dimulai pada hari Sabtu dan Minggu hingga selesai,” terangnya.

Ia berharap, melalui kegiatan Maulid Tradisional ini dapat menjadi kekayaan budaya dan penerapan ilmu agama di masyarakat.

Baca Juga :  Siap Maju di Pilkada Sekadau 2020, Subandrio Ambil Formulir Balon Bupati di PKPI

“Karena selain diisi dengan syair, dzikir juga ada gunting rambut anak-anak dan doa bersama, tentu ini bertujuan mengharapkan keberkahan dari Allah,” pungkasnya.

Sementara Ketua panitia kegiatan Maulid di Dusun Jabai, Abang Saparudin menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya pelaksanaan Maulid Tradisional oleh MTAMT Sekadau. Menurut dia, kegiatan ini penuh dengan suasana silaturahmi di momen yang penting yaitu peringatan hari lahir Nabi Besar Muhammad.

“Dengan kegiatan ini tentu kita bersama masyarakat sesama muslim saling bersilaturahmi dan dalam momen ini juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya. Selain itu juga, kegiatan ini dalam rangka mengharapkan ridho dari Allah dan syafaat Nabi Muhammad di hari akhir nanti,” tukasnya.

Pihaknya berterima kasih kepada MTAMT Sekadau yang telah menjadwalkan pelaksanaan Maulid Tradisional di dusunnya itu.

“Kami ucapkan terima kasih banyak kepada MTAMT Sekadau dan para jamaah lainnya yang telah hadir di sini. Semoga ini menjadi momen yang baik bagi masyarakat muslim khususnya di Dusun Jabai. Semoga pelaksanaan di tahun berikutnya semakin baik,” imbuhnya. (Mus)

Comment