Bupati Rupinus Safari Natal di Sekadau Hulu dan Sekadau Hilir

Menjadi saudara bagi semua orang

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus melaksanakan safari Natal atau kunjungan kasih menyambut perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020 di dua kecamatan sekaligus yakni di Kecamatan Sekadau Hulu dan Kecamatan Sekadau Hilir, Senin (13/12/2019).

Hadir dalam safari natal itu, para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau, instansi vertikal, lembaga keuangan, Plt. Camat Sekadau Hulu dan Pejabat yang mewakili Camat Sekadau Hilir, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta umat kristiani di Kecamatan Sekadau Hulu dan Sekadau Hilir.

Bupati Rupinus Safari Natal di Sekadau Hulu dan Sekadau Hilir 1

Safari Natal di Kecamatan Sekadau Hulu berlangsung di Mega Tenda Hati Kudus Yesus Paroki Rawak, sementara safari Natal di Sekadau Hilir di Aula Paroki Santo Petrus Rasul Monumental Simpang 4 Kayu Lapis.

Kedatangan Bupati Rupinus dan rombongan disambut meriah oleh masyarakat setempat dengan tarian adat dayak menambah semarak kegiatan. Di kesempatan itu Bupati Rupinus juga didaulat menggunting pita sebagai tamu kehormatan sebelum kegiatan safari Natal di Aula Simpang 4 Kayu Lapis berlangsung.

Dalam sambutannya, Bupati Rupinus menyampaikan bahwa kegiatan safari natal yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun oleh Pemkab Sekadau untuk menjalin silaturahmi antara Pemerintah dan masyarakat, selain itu untuk mengimbau kepada umat kristiani yang akan merayakan Natal.

Baca Juga :  Sekda Sekadau Tutup Festival Seni Penutupan Bulan Maulid

Momen ini juga lanjut Bupati, sebagai momen kebersamaan, juga menjadi sarana bagi Pemkab untuk menyampaikan informasi perkembangan pembangunan, sekaligus menyerap aspirasi maupun masalah-masalah sosial yang disampaikan langsung oleh masyarakat.

“Dengan semangat natal kita diberikan kekuatan oleh Tuhan. Tema Natal yang dirilis oleh PGI dan KWI sangat umum sekali, yakni menjadi ‘saudara bagi semua orang’. Tema natal ini sangat umum tanpa membedakan agama, suku, jadilah sahabat bagi semua orang, bukan untuk individu, bukan untuk satu kelompok, ini menunjukan bahwa persaudaraan sejati adalah penting untuk merajut kebersamaan,” ujar Bupati.

Bupati Rupinus juga mengingatkan kepada seluruh umat kristiani di Kabupaten Sekadau agar dalam merayakan Natal nantinya tidak perlu bermewah-mewah, cukup dengan kesederhanaan.

“Kalaupun ada uang lebih sebaiknya ditabung untuk masa depan anak kita, karena masa depan anak masa depan kita semuanya masa depan generasi muda penerus bangsa dan negara, tetapi jika ada yang mampu, silahkan,” tukasnya.

Tak lupa, Bupati juga menyampaikan beberapa fasilitas umum jalan dan jembatan yang rusak akibat bencana alam banjir di Kabupaten Sekadau yang terjadi sepekan lalu yang saat ini sedang diinventarisir oleh dinas terkait.

“Dari beberapa fasilitas yang rusak itu kita inventarisir, kita lihat mana yang sangat prioritas. Misalnya jembatan gantung Nanga Biaban menuju Sunsong ini yang sangat prioritas karena menghubungkan antar desa, ini akan segera kita tindaklanjuti termasuk juga di daerah Meragun dan Pantok, kita akan lihat mana yang paling prioritas,” tukasnya.

Baca Juga :  Polwan Sekadau Gelar Donor Darah Peringati HUT Polwan ke-72

“Jembatan Sunsong prioritas, ada Keputusan Bupati tentang tanggap darurat banjir. Kerusakan yang kecil kecil boleh dilakukan oleh desa menggunakan dana desa, dasarnya adalah Keputusan Bupati itu,” timpalnya.

Dalam kesempatan itu Bupati juga ingatkan agar warga selalu waspada terhadap bencana banjir.

“Kita harus selalu waspada terhadap banjir terutama yang berada di bantaran sungai. Belajar dari pengalaman banjir terjadi biasanya pada musim hujan, untuk itu tetaplah waspada, barang-barang berharga dan penting seperti emas, ijazah, sertifikat, surat menyurat agar diamankan,” ingatnya.

Di kesempatan itu pula Bupati Rupinus menyampaikan salam dari Wakil Bupati Sekadau yang saat ini sedang melaksanakan perjalanan rohani.

“Saya sampaikan salam dan hormat Bapak Wakil Bupati, beliau sedang melaksanakan perjalanan rohani, mereka juga selalu berdoa untuk Kabupaten Sekadau,” tutur Bupati.

Bupati kelahiran Pantok ini juga mengucapkan selamat merayakan Natal 2019 serta tahun baru 2020 bagi umat kristiani yang merayakannya dengan harapan dapat membawa umat manusia dalam kondisi yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rupinus juga menyerahkan bantuan kepada beberapa rumah ibadah dan gereja yang ada di wilayah Kecamatan Sekadau Hulu dan Sekadau Hilir disaksikan Forkopimcam Sekadau Hulu dan Sekadau Hilir, pastor, pendeta, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat. (Mus)

Comment