Bupati Rupinus Batal Hadiri Deklarasi ODF di Desa Persiapan Tigur Jaya Lantaran Banjir, Penghargaan Diteken di Jalan

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus batal menghadiri deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Desa Persiapan Tigur Jaya, Kecamatan Sekadau Hilir lantaran jalan poros yang menghubungkan antara desa Timpuk dan desa persiapan Tigur Jaya terendam air banjir, Rabu (11/12/2019) pagi.

Ketinggian air jalan poros Timpuk-Tigur Jaya saat itu mencapai kurang lebih 100-120 sentimeter atau lebih dari separuh badan orang dewasa. Melihat tingginya genangan air tersebut ditambah lagi kondisi air banjir yang semakin naik, membuat Bupati Rupinus memilih batal hadir dan menugaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau, ST. Emanuel, S. Km beserta stafnya untuk hadir mewakili Bupati melakukan deklarasi ODF bersama masyarakat Tigur Jaya.

Bupati Rupinus meminta maaf karena tak bisa hadir bersama masyarakat Tigur Jaya untuk melaksanakan deklarasi ODF yang dicanangkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau, karena pada hari yang bersamaan, Bupati Sekadau juga akan membuka gebyar natal dekenat salib suci Sekadau tahun 2019. Dan pada hari yang bersamaan juga, Bupati Sekadau akan berangkat ke Pontianak menghadiri ekspose persiapan pelaksanaan MTQ tingkat provinsi tahun 2020 di Kabupaten Sekadau.

Baca Juga :  Pemerintah Dorong Masyarakat Penuhi Kebutuhan Rumah

“Saya minta maaf kepada masyarakat di Tigur Jaya, saya tahu masyarakat sudah banyak melakukan persiapan demi suksesnya acara deklarasi ODF ini. Saya juga tahu masyarakat sudah banyak masak untuk menjamu tamu. Tapi saya bersama rombongan sudah punya niat untuk hadir bersama masyarakat di Tigur Jaya, Karena faktor alam seperti ini, apa boleh buat, tapi niat saya untuk hadir bersama masyarakat sudah ada. Sekali lagi saya minta maaf kepada warga Tigur Jaya, karena tidak dapat hadir dalam acara deklarasi ODF dikarenakan kondisi alam seperti banjir yang menyulitkan  menuju lokasi,” imbuhnya.

Baca Juga :  Diamuk si Jago Merah, Rumah Dua Saudara Yatim Piatu di Setuntung Rata Dengan Tanah

Bupati Rupinus juga mengucapkan terima kasih karena masyarakat di Tigur Jaya dengan kerja keras telah mempersiapkan acara deklarasi ODF.

Lantaran tak bisa hadir, Bupati pun akhirnya menandatangani piagam penghargaan yang akan diserahkan kepada penerima di ujung jalan yang terdampak banjir. Setelah menandatangi piagam penghargaan, Bupati Rupinus mempersilahkan Kepala Dinas Kesehatan beserta stafnya, serta rombongan lainnya untuk melanjutkan perjalanan menuju Tigur Jaya menggunakan kendaraan roda empat jenis jondere yang telah dipersiapan perusahaan. Driver jondere sebelumnya sempat ragu melihat ketinggian air yang lumayan dalam itu, namun tantangan itu bisa dilewati meski dengan penuh resiko.

Melihat kondisi poros jalan Timpuk-Tigur Jaya yang terendam banjir itu, mendapat respon langsung dari Bupati Rupinus. Bupati Rupinus  meminta untuk didokumentasi jalan poros Timpuk-Tigur Jaya yang terendam banjir itu.

“Nanti kita minta dinas terkait untuk menginventarisir lokasi banjir ini. Berapa ketinggiannya lalu berapa panjangnya. Kita data dulu. Karena ini adalah jalur transportasi yang dilalui sehari-hari oleh masyarakat,” tandasnya. (Mus)

Comment