by

Safari Natal di Dua Kecamatan, Bupati Rupinus : Rayakan Dengan Sederhana dan Penuh Suka Cita

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus melaksanakan safari Natal atau kunjungan kasih menyambut perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020 di dua kecamatan sekaligus yakni di Kecamatan Belitang dan Kecamatan Belitang Hilir, Senin (9/12/2019).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan, Plt. Kepala Bagian Kesra, beberapa perwakilan dari dinas dan badan di lingkungan Pemkab Sekadau, Camat Belitang Hilir dan Belitang, Pimpinan Bank Kalbar Cabang Sekadau, pimpinan perusahaan, Kapolsek dan Danramil, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta umat kristiani di Kecamatan Belitang dan Belitang Hilir.

Bupati Sekadau, Rupinus foto bersama saat safari natal di Kecamatan Belitang
Bupati Sekadau, Rupinus foto bersama saat safari natal di Kecamatan Belitang (Foto: Mus)

Safari Natal di Kecamatan Belitang berlangsung di Gereja GKII Imanuel SP 4 Setuntung, Desa Setuntung Kecamatan Belitang. Bupati dan rombongan disambut masyarakat setempat dengan tarian adat Dayak dan musik tradisional Dayak (tari Lesung). Di kesempatan itu, Bupati Rupinus juga dinobatkan melakukan penguntingan pita sebagai tamu kehormatan sebelum acara Safari Natal dimulai.

Dalam sambutannya Bupati Rupinus menyampaikan bahwa safari natal ini selain menjadi momen kebersamaan, juga menjadi sarana bagi Pemkab untuk menyampaikan informasi perkembangan pembangunan, sekaligus menyerap aspirasi maupun masalah-masalah sosial yang disampaikan langsung oleh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rupinus juga menyerahkan bantuan kepada beberapa rumah ibadah dan gereja yang ada di wilayah Kecamatan Belitang disaksikan Forkopimcam Belitang, pastor, pendeta, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, umat, jemaat dan lain-lain.

Usai melaksanakan safari natal di Kecamatan Belitang, Bupati dan rombongan melanjutkan perjalanan safari natal ke Kecamatan Belitang Hilir tepatnya di Gereja Kristen Siloam Desa Semadu, Kecamatan Belitang Hilir. Bupati Sekadau beserta rombongan disambut juga dengan tari-tarian, iring-iringan musik tradisional adat dayak dan Bupati Sekadau dinobatkan untuk memancung buluh muda sebagai tamu kehormatan sebelum memasuki Gereja Kristen Siloam Desa Semadu, Kecamatan Belitang Hilir tersebut.

Setelah melakukan ibadah bersama yang dihadiri Forkopimcam Belitang Hilir dan jemaat serta masyarakat lainnya, Bupati Rupinus juga menyerahkan beberapa bantuan dan tali asih kepada rumah ibadah dan gereja untuk pemimpin umat berupa alat musik orgen, wireless, kipas angin dan beberapa perlengkapan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Rupinus mengucapkan selamat Hari Natal 2019 serta tahun baru 2020 bagi umat kristiani yang merayakannya dengan harapan dapat membawa umat manusia dalam kondisi yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

“Bahwa semua agama mengajarkan kepada kita nilai-nilai luhur bertujuan untuk keselamatan hidup manusia,” kata Rupinus.

Bupati Rupinus juga mengajak seluruh umat serta jemaat Gereja Kristen Siloam untuk memahami makna dan hakekat agama yang dianut. Dalam kesempatan itu Bupati juga menjelaskan, tema Natal nasional tahun 2019 yaitu ‘Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang’ (Yoh,15:14_15). Melalui tema ini, lanjut Bupati, diharapkan hubungan antar warga khususnya di Kecamatan Belitang Hilir umumnya Kabupaten Sekadau semakin harmonis, maju, mandiri dan berdaya saing.

Tujuannya, kata dia, agar keragaman dan perbedaan mendatangkan rasa damai dan aman. Bupati Rupinus juga mengingatkan kepada seluruh umat dan jemaat Gereja Kristen Siloam agar dalam perayakan Natal nanti tidak perlu bermewah-mewah cukup dengan kesederhanaan.

“Kalau pun ada uang lebih sebaiknya ditabung untuk masa depan anak kita, lantaran masa depan anak adalah masa depan kita semuanya, masa depan generasi muda penerus bangsa dan negara dan tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahan yang telah membantu pemeliharaan jalan sehingga mempermudah akses lajurnya ekonomi pembangunan di Desa Semadu khususnya di Desa Siloam ini. Saya mendorong kokohnya persekutuan umat kristiani dan umat lainnya agar dapat memberi kedamaian dan suka cita,” tandasnya. (Mus)

Comment

News Feed