Berikan Dampak Positif, PT RIM Serap Tenaga Kerja Lokal

KalbarOnline, Ketapang – Keberadaan PT Ratu Intan Mining (RIM) sebagai pemenang lelang atas pekerjaan dari PT Cita Mineral Investindo (CMI) yang beroperasi di sekitaran wilayah Kecamatan Air Upas terus memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar. Hingga saat ini tercatat sudah ada 245 orang masyarakat yang telah bekerja di PT RIM.

Humas PT RIM, Adrianus Adus mengatakan, kalau penyerapan tenaga kerja oleh pihaknya memang sudah mulai dilakukan sesuai kebetuhan perusahaan. Saat ini sudah ada ratusan masyarakat yang bekerja di perusahaan tersebut.

“Untuk tenaga kerja kita memprioritaskan warga lokal air upas sekitar 80 persen bahkan lebih sesuai kebutuhan perusahaan,” katanya, Minggu (8/12/2019).

Adus menyebut serapan tenaga kerja terbagi dibeberapa lokasi, misalkan untuk di daerah Batang Belian sendiri sesuai kebutuhan sudah ada 245 orang pekerja sedangkan untuk Air Upas sampai saat ini yang sudah memasukkan lamaran mencapai 200 orang.

Baca Juga :  Satgas Covid-19 Muara Pawan Terus Maksimalkan Vaksinasi Covid 19 Termasuk di Hari Libur

“Di air upas kita buka lowongan untuk persiapan pekerjaan di site wp 14 air upas yang sejauh ini sudah ada 200 an orang melamar,” ungkapnya.

Selain penyerapan tenaga kerja, pihaknya komitmen untuk membantu lokasi sekitar perusahaan khususnya dalam hal alokasi dana. CSR yang kedepan akan dimanfaatkan sesuai dengan kebetuhan desa setempat.

Sementara satu di antara pekerja di PT RIM, Lazarus Bria mengaku sangat bersyukur dengan keberadaan PT RIM yang masuk didaerah ga, pasalnya keberadaan PT RIM membuat masyarakat ditempatnya bisa mendapatkan pekerjaan sehingga bisa mendapatkan penghasilan setiap bulannya.

“Kita senang karena kita bisa diberi kesempatan bekerja sehingga mendapatkan penghasilan yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari hingga biaya pendidikan,” akunya.

Baca Juga :  Tanggapi Eksepsi Kuasa Hukum Isa Anshari, JPU: Dakwaan Kami Sudah Jelas dan Lengkap

Selain itu, ia juga mengapresiasi program dari PT RIM sendiri yang belum tentu bisa diberikan oleh pihak lain seperti memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berinvestasi unit untuk dapat bekerjasama dengan mereka.

Hal senada juga di ungkapkan satu diantara warga Desa Air Upas, Robianus (25) yang ikut serta memasukan lamaran untuk bekerja di PT RIM, mengaku sangat berharap agar PT RIM bisa segera beroperasi sehingga dirinya bisa bekerja guna memenuhi kebutuhan keluarganya.

“Harapan saya sebagai kepala keluarga menginginkan agar PT RIM segera beroperasi, lantaran saya sudah masukan lamaran pekerjaan segera ingin cepat bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga saya,” harapnya.

Ia melanjutkan, semoga dengan permasalahan yang ada agar cepat diselesaikan dan untuk PT RIM tetap menjalankan operasinya karena dirinya butuh pekerjaan.

“PT RIM sebagai pemenang lelang harus segera bekerja dan jangan hiraukan pihak lain yang menghambat karena disini bukan saya sendiri yang menginginkan pekerjaan tetapi masyarakat lain juga sangat butuh pekerjaan,” tukasnya. (Adi LC)

Comment