Kecamatan Sintang Juarai MTQ Sintang XXIV

Wabup Askiman Tutup MTQ Sintang XXIV

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Askiman secara resmi menutup seluruh rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXIV tingkat Kabupaten Sintang tahun 2019 yang ditandai dengan pemulukan beduk yang dipusatkan di bekas Lapangan Terbang (Lapter) Susilo Sintang, Jumat (6/12/19) malam.

Kecamatan Sintang berhasil keluar sebagai juara umum pada ajang pemuliaan quran di Kabupaten Sintang tahun 2019 ini. Sementara Kecamatan Sungai Tebelian harus puas di peringkat kedua dan Kecamatan Serawai di peringkat ketiga.

Acara yang diawali defile kafilah kategori lomba ini berlangsung sukses, meriah dan lancar. Terlebih lagi para penonton disuguhkan berbagai penampilan yang menarik dari panitia kegiatan yakni drumband dan ataraksi pencak silat, penampilan grup hadrah, grup qasidah dan penampilan tari kolosan dari sanggar Anantakupa Sintang yang dihadiri hampir 12 ribu masyarakat yang memadati lokasi acara.

Wakil Bupati Sintang, Askiman dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para juara pada even dua tahunan ini. Askiman pun berpesan agar prestasi yang diraih bisa dipertahankan ke depannya. Ia juga meminta agar para peserta terus berlatih untuk mempersiapkan diri mengharumkan nama Kabupaten Sintang pada MTQ tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Sekadau pada 13-19 April 2020 mendatang.

“Bagi yang belum berhasil menunjukkan prestasinya dalam MTQ ini, saya harapkan tidak berkecil hati, teruslah berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di kesempatan-kesempatan yang akan datang,” harapnya.

Baca Juga :  Buka LSN Sub Regional Sintang, Bupati: Menuju Masyarakat Sintang Sehat

Askiman turut mengimbau baik kepada juara maupun yang belum berhasil pada momen MTQ Sintang ke-XXIV ini, bahwa semangat bermusabaqah untuk meraih penghargaan tidak selayaknya sampai menggeser niat ikhlas untuk meningkatkan syiar Quran dan membudayakannya dalam kehidupan umat Islam di Kabupaten Sintang ini.

Oleh karena itulah, lanjut dia, Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sesuai dengan visi pembangunan tahun 2016-2021 yaitu mewujudkan masyarakat Sintang yang religius. Di mana dari visi ini, akan dilakukan berbagai upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama di Kabupaten Sintang sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang bermoral, beretika, berbudaya dan beradab.

“Semangat untuk membaca dan menghayati kalam illahi serta mendalami isi dan mengamalkan ajaran Quran dalam kehidupan sehari-hari jangan hanya tumbuh dan layu untuk semusim. Hal ini seharusnya dipandang sebagai kebutuhan bagi setiap muslim,” pesannya.

Oleh karena itu, dirinya berharap penyelenggaraan MTQ ke-XXIV ini dapat menambah wawasan, penghayatan dan cinta kita terhadap Quran. Terlebih pelaksanaan musabaqah merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Quran. Upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai disini. Kegiatan yang berkaitan dengan syiar Islam ini akan menjadi sia-sia dan percuma saja apabila tidak memberikan pengaruh yang positif.

“Untuk itu, diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggungjawab seluruh komponen agar penyelenggaraan kegiatan MTQ ini memberi pengaruh positif yang tampak dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat kita ke depannya,” tukasnya.

Baca Juga :  Pimpin Upacara Korps Raport Polres Sintang, Kapolres: Semakin Tinggi Pangkat Semakin Besar Tanggung Jawab

Askiman juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi, telah mendukung penuh dan ikut berpartisipasi bagi kesuksesan penyelenggaraan MTQ ke-XXIV tingkat Kabupaten Sintang.

“Kita semua berharap semoga suasana yang sejuk, damai, religius yang terwujud dalam penyelenggaraan MTQ sekarang ini tetap terpelihara dan semakin meningkat di hari-hari mendatang,” tandasnya.

Sementara Wakil Ketua Umum Pelaksanaan MTQ ke-XXIV Kabupaten Sintang, Helmi mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan telah dilaksanakan seperti ramah tamah dan pelantikan dewan hakim MTQ, penyelenggaraan pawai ta’aruf yang diikuti 220 kendaraan roda empat dan 187 kendaraan roda dua. Kemudian penyelenggaran pembukaan MTQ yang pada saat itu acara berlangsung di bawah guyuran hujan namun tidak menyulut antusiasme masyarakat hadir memadati tempat acara.

“Dari 3- 6 Desember 2019 telah dilaksanakan lomba-lomba MTQ di 5 tempat, yaitu lomba tilawah  dan tahfidz dewasa di panggung utama di eks lapangan terbang Susilo Sintang, lomba khatil Quran di rumah Melayu Sintang, lomba Fahmil Quran di Aula SMPN 2 Sintang, lomba tilaah anak-anak, tahfidz dan tartil Quran di Masjid Al Kautsar Sintang dan lomba Syarhil Quran di gedung Pancasila Sintang. Di mana peserta lomba secara keseluruhan berjumlah 553 orang dan semua lomba berjalan dengan tertib dan lancar,” ungkap Helmi.

Helmi pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara MTQ ini sehingga acara ini semuanya berlangsung sukses, aman dan lancar. Hadir pada acara penutupan MTQ ini, unsur Forkopimda Kabupaten Sintang, unsur OPD Kabupaten Sintang, ormas-ormas yang ada di Kabupaten Sintang dan para tamu undangan lainnya. (*/Sg)

Comment