by

Realme 5s Vs Redmi Note 8, Duel Sengit Ponsel Rp 2 Jutaan Kamera 48 MP

KalbarOnline.com – Smartphone dengan harga Rp 2 jutaan biasanya menawarkan spesifikasi dengan kemampuan serba terbatas. Namun, saat ini anggapan tersebut tampaknya mulai lebur. Dengan smartphone Rp 2 jutaan, calon pengguna sudah bisa memiliki spesifikasi yang terbilang mumpuni dan cukup untuk kegiatan sehari-hari.

Ceruk segmen ini bisa dibilang padat. KalbarOnline.com pun tergelitik untuk membandingkan dua perangkat jagoan baru pada segmen Rp 2 jutaan dan menemukan dua bintang utama yang layak disandingkan. Yakni, Realme 5s dan Redmi Note 8 dari Xiaomi.

Realme 5s sendiri diluncurkan berbarengan dengan Realme X2 Pro beberapa minggu lalu yang membawa sejumlah peningkatan dari seri Realme 5 sebelumnya. Lain halnya dengan Redmi Note 8, smartphone ini melenggang lebih dulu daripada Realme 5s.

Banyak kesamaan yang dimiliki kedua smartphone itu. Mulai dari kameranya yang sama-sama memiliki konfigurasi Quad Camera 48 MP, prosesor Snapdragon 665, hingga segmen harganya yang sama-sama di angka Rp 2 jutaan.

Namun manakah yang lebih baik? Berikut ulasan selengkapnya mengenai ‘duel sengit’ Realme 5s dengan Xiaomi Redmi Note 8.

Smartphone Redmi Note 8. (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Performa dan Dapur Pacu

Pertama, mengawali langkah yang paling krusial, KalbarOnline.com akan memulai dari urusan jeroan atau dapur pacu lengkap dengan performanya. Sebagai permulaan, kami memulai lebih dahulu dari Realme 5s sebagai perangkat yang paling anyar kemudian baru Redmi Note 8 dari Xiaomi.

Dari sektor dapur pacu, keduanya membawa jenis chipset atau System on Chip (SoC) yang berasal dari pabrikan yang sama. Itulah mengapa kami menyebutnya sebagai ‘duel sengit’. Sebab memang benar-benar sengit.

Realme 5s ditenagai prosesor andal kelas menengah dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 665. Prosesor Octa-core ini hadir dengan fabrikasi 11 nm dan memberikan kinerja yang lebih kuat dan konsumsi daya yang lebih sedikit daripada Snapdragon 660.

Chip Snapdragon 665 hadir dengan konfigurasi angka-angka clock speed (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver). Dilengkapi GPU Adreno 610, kedua smartphone itu dapat memberikan kualitas gambar cukup baik saat bermain game dan performanya bisa dibilang hampir tidak ada lag.

Mendukung keandalan perangkat, Realme 5s hadir hanya dengan satu pilihan penyimpanan memori RAM dan ROM. Realme 5s di sektor penyimpanan hanya hadir dengan satu kapasitas RAM/ROM besar 4/128 GB.

Beralih ke Redmi Note 8, jeroan yang sama tertanam pada perangkat tersebut. Pembeda secara spesifik antara keduanya hanya terletak di sisi penyimpanan saja. Kalau Realme 5s datang dengan penyimpanan tunggal 4/128 GB RAM/ROM, Redmi Note 8 hadir dengan tiga pilihan.

Redmi Note 8 memberikan tiga pilihan memori, yakni 3/32 GB, 4/64 GB, dan 6/128 GB. Kedua smartphone ini juga dilengkapi dengan slot MicroSD jika ingin melakukan ekspansi penyimpanan datanya.

BACA JUGA:  Adu Teknis Realme 5i Vs Redmi Note 8, Siapa Lebih Unggul?

Mana yang lebih baik? Ini yang sangat sulit. Di sektor performa, kedua handset ini sama-sama menawarkan jeroan yang apik. Realme 5s andal, Redmi Note 8 pro ditilik dari spesifikasinya juga enggan mengalah.

Masih dari sektor performa selain menggunakannya sehari-hari dan mengacu pada spesifikasi teknis yang tertera, kami juga menyimulasikan dalam uji benchmark. Meski tidak merepresentasikan penggunaan sehari-hari, uji benchmark lewat aplikasi populer juga menjadi tolok ukur konsumen dalam memutuskan pembelian sebuah perangkat smartphone.

Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer AnTuTu Benchmark dan AnTuTu 3D Bench, perangkat Realme 5s mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan dengan angka 168250. Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Realme 5s berhasil membukukan skor sebesar 7788.

Sementara untuk Redmi Note 8, berdasarkan pengujian yang sama pada kedua platform benchmark sintetis tersebut, perangkat mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan pada angka 170588, sedikit lebih unggul dari Realme 5s. Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Redmi Note 8 membukukan skor sebesar 6666, kalah tipis dari Realme 5s.

Layar dan Desain

Aspek kedua, yang ingin kami bandingkan antara Realme 5s dengan Redmi Note 8 adalah layar dan desain. Dari segi layar, keduanya terdapat kesamaan. Keduanya sama-sama mengusung layar bertakik atau notch berbentuk serupa dengan gaya tetesan air di ujung tengah bagian atas layarnya sebagai rumah dari kamera selfie-nya.

Sampai di sisi layar, kami belum menemukan siapa yang terbaik di segmen tersebut, apakah Realme 5s ataukah Redmi Note 8. Mengapa? Sebab di sisi layar, keduanya masih serupa dengan detail spesifikasi yang mirip-mirip pula.

Dimulai dari Realme 5s, perangkat yang bersangkutan hadir dengan layar water drop notch 6,5 inci yang menawarkan rasio 82,7 persen screen-to-body ratio yang cukup memberikan kesan tampilan lebar. Layar Realme 5s memiliki aspek rasio 20:9 dengan resolusi HD Plus (720 x 1.600 piksel).

Masih di bagian layar, material layar Realme 5s mengusung panel IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors. Secara garis besar, layarnya tajam dan terang dengan kemampuan menangkal sinar matahari yang baik dengan tingkat kerapatan piksel 269 ppi.

Beralih ke Redmi Note 8. Handset tersebut untuk sektor layar juga pede melenggang dengan layar IPS LCD 16 M colors. Berbeda dari Realme 5s, Redmi Note 8 hanya hadir dengan ukuran seluas 6,3 inci saja, namun resolusinya Full HD Plus 1.080 x 2.280 piksel.

Baik Realme 5s dan Redmi Note 8 sama-sama menggunakan desain notch berbentuk tetesan air demi meninggikan rasio screen-to-body. Dengan memiliki ukuran layar yang lebih besar, menikmati konten multimedia di layar Realme 5s tampaknya lebih puas dan lebih menyenangkan ketimbang Redmi Note 8. Namun, meski ukuran layarnya lebih kecil, resolusi layar Redmi Note 8 lebih besar daripada Realme 5s.

BACA JUGA:  Adu Teknis Realme 5i Vs Redmi Note 8, Siapa Lebih Unggul?

Bergeser ke bagian belakang, jika kedua perangkat tampak setara di sisi layar, lain halnya dengan sisi desain di bagian belakang. Kedua perangkat yang kami bandingkan juga sama-sama hadir dengan desain kekinian yang kinclong. Namun untuk urusan desain, Realme 5s tampak lebih mentereng jika head to head dengan Redmi Note 8.

Realme 5s tampak lebih kinclong dengan sentuhan warna gradasi berpola potongan kristal yang memikat mata. Sementara untuk Redmi Note 8, kendati sama kinclongnya, desain bagian belakang perangkat cenderung polos tanpa pola seperti Realme 5s.

Menggunakan pemotongan skala nano, smartphone Realme 5s lebih terlihat anggun saat dilihat dari sisi mana pun. Penggunaan polikarbonat kurva 3D di bagian belakang juga membuat ponsel ini nyaman digenggam walaupun memiliki berat 198 gram.

Sedangkan Redmi Note 8 memilih material kaca pada sisi depan dan belakang bodinya. Sapuan warna biru gradasinya pun cukup kekinian dan menawan walaupun desain warna seperti ini telah jamak digunakan oleh smartphone-smartphone lainnya. Karena mengusung desain unibody, smartphone ini juga nyaman digenggam.

Pendek kata, kedua smartphone ini untuk sisi desain kami lebih suka Realme 5s kendati keduanya menampilkan desain yang sama menawannya. Jika kamu menginginkan desain yang tampil beda, Realme 5s dengan desain potongan berlian bisa dijadikan pertimbangan. Namun, jika kamu menginginkan smartphone dengan material kaca berwarna gradasi, Redmi Note 8 bisa menjadi jawabannya.

Realme 5s Vs Redmi Note 8, Duel Sengit Ponsel Rp 2 Jutaan Kamera 48 MP 2
Tabel perbandingan spesifikasi layar Realme 5s vs Redmi Note 8. (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Kamera

Faktor selanjutnya yang tidak kalah penting dalam pertimbangan konsumen saat ingin membeli smartphone baru adalah urusan fotografi atau kamera. Aspek kamera ini adalah subjek ‘dual sengit’ kedua perangkat yang kami adu banteng ini.

Pada sektor kamera, kedua smartphone ini sama-sama menggunakan konfigurasi quad camera dengan kamera utama beresolusi 48 MP. Kamera utama 48 MP di Realme 5s menggunakan sensor Samsung ISOCELL GM1. Selain itu, terdapat pula lensa ultra-wide angle 8 MP dengan bidang pandang 119 derajat, lensa ultra-macro 2 MP, dan kamera portrait 2 MP. Adapun kamera depannya beresolusi 13 MP untuk memotret selfie.

Redmi Note 8 Pro juga menggunakan kamera Utama beresolusi 48 MP. Konfigurasi kamera lainnya terdiri dari lensa sudut lebar 8 MP dengan bidang pandang 120 derajat, dan dua kamera berukuran 2 MP. Satu berfungsi sebagai lensa makro dan satu lagi untuk depth sensor. Kamera selfie Redmi Note 8 juga memiliki resolusi 13 MP.

Secara teori, kedua smartphone ini akan sangat memudahkan penggunanya untuk mengambil gambar berkualitas baik dalam kondisi apapun. Kedua kamera juga memiliki beragam mode. Seperti pada kamera Realme 5s memiliki berbagai mode yang sangat berguna, seperti NightScape 2.0 di kamera depan dan belakang untuk mengambil foto malam dengan terang serta Chroma Boost untuk menampilkan warna yang lebih cerah. Pada Redmi Note 8 pun tak jauh berbeda, dengan mode LED flash, HDR, AI, makro, filter, hingga dark mode.

BACA JUGA:  Adu Teknis Realme 5i Vs Redmi Note 8, Siapa Lebih Unggul?

Baterai, Security, dan Harga

Perbandingan terakhir yang ingin KalbarOnline.com tilik lebih jauh adalah dari segi baterai, fitur keamanan (security), dan apalagi kalau bukan urusan kantong. Realme 5s dari sektor catu daya dibekali dengan baterai 5.000 mAh. Urusan konsumsi baterai, Realme 5s di awal kami bisa bilang lebih unggul jika dibandingkan dengan Redmi Note 8.

Realme 5s memiliki baterai jumbo 5.000 mAh yang mendukung dengan sistem pengecasan 10W yang tersedia dalam kotak penjualan. Sementara Redmi Note 8 dilengkapi dengan baterai berkapasitas lebih kecil daripada Realme 5s, yaitu 4.000 mAh. Ini mendukung pengisian daya cepat 18W yang tersedia dalam paket penjualannya.

Sementara untuk keamanannya, Realme 5s hadir dengan fitur yang terbilang komplet. Sebut saja fitur face unlock dan fitur keamanan biometrik seperti fingerprint scanner hadir pada perangkat ini. Sistem keamanan tersebut merupakan pelengkap dari yang sudah ada seperti nomor sandi dan pola.

Fitur face unlock-nya cepat dibandingkan dengan metode unlock lainnya. Begitu pun fingerprint-nya yang multifungsi ini dapat membuka Realme 5s dengan sangat cepat. Kami tidak tahu persisnya berapa detik. Sebab sangat cepat, jari baru disentuhkan dan layar smartphone sudah menyala. Fitur keamanan fingerprint di Realme 5s juga memiliki medan sentuh yang terbilang luas dan sensitif di keseluruhan areanya.

Dari segi harga, perangkat terbilang hadir dengan banderol yang kompetitif melihat segmen yang ditujunya dan lawan-lawannya di pasaran. Perangkat ini hadir dengan RAM/ROM 4/128 GB saja dan ditawarkan dengan harga Rp 2,6 jutaan.

Terakhir, untuk Redmi Note 8, sistem keamanannya hadir sama juga dengan Realme 5s. Fitur face unlock dan fitur keamanan biometrik seperti fingerprint scanner juga hadir pada perangkat tersebut.

Urusan kantong, Redmi Note 8 ditawarkan dengan harga mulai Rp 1,9 jutaan untuk varian RAM/ROM 3/32 GB. Kemudian banderol Rp 2,1 jutaan untuk model 4/64 GB, dan harga Rp 2,7 jutaan untuk model paling tinggi dengan RAM/ROM 6/128 GB.

Bagaimana, sudah ada gambaran perangkat mana yang akan kamu pilih jika berencana meminang dua pilihan smartphone tersebut? Semua memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keuangan kamu.

Comment