UBSI Telurkan Lulusan Siap Kerja dan Entrepreneur

Wisuda UBSI Kampus Pontianak angkatan ke-11

KalbarOnline, Pontianak – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Pontianak menggelar wisuda ke-11 atau angkatan kedua sejak ditetapkan sebagai universitas, yang dilangsungkan di Ballroom Hotel Aston Pontianak, Minggu (1/12/2019). Total mahasiswa yang diwisuda berjumlah 406 mahasiswa, terdiri dari dua prodi di antaranya 297 wisudawan prodi Sistem informasi (SI) dan 109 wisudawan Sistem Informasi Akuntansi (SIA).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Rektor UBSI Indonesia, Mochamad Wahyudi ini juga dimeriahkan oleh penampilan band ternama Indonesia, ‘The Rain’.

Diwawancarai usai kegiatan, Mochamad Wahyudi mengaku optimis melalui berbagai sertifikasi kompetensi yang telah dibekali kepada seluruh wisudawan dan wisudawati UBSI selama masa kuliah dapat menjadi nilai tambah ketika bagi para lulusan ketika nantinya hendak melamar pekerjaan ataupun menjadi entrepreneur sekalipun.

“Paling tidak selama masa kuliah, setiap lulusan kita ada tiga sampai empat sertifikasi di masing-masing bidang sesuai prodi. Tentu ini menjadi nilai tambah sekaligus bukti bahwa mereka sudah siap kerja nantinya,” ujarnya.

Wahyudi turut menjelaskan bahwa sertifikasi kompetensi yang diikuti selama masa kuliah tersebut dilalukan oleh lembaga sertifikasi profesi yang memiliki lisensi resmi dan berlaku secara nasional. Hal tersebut, dijelaskannya, tentu menjadi kelebihan sekaligus pembeda antara alumni UBSI dengan kampus-kampus lainnya, khususnya di Pontianak.

“Bahkan untuk sertifikasi kompetensi yang didapat para mahasiswa tersebut berlaku hingga tingkat Asean, karena sebelumnya sertifikasi ini turut disepakati sekaligus mendapat applaus dari Negara-negara Asean (Asia Tenggara),” jelasnya.

Ia mengaku tak khawatir dengan masa depan para mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus dari UBSI. Karena, selain dibekali sertifikasi kompetensi UBSI, pihaknya juga kerap kali menggelar berbagai kegiatan seperti BSI carrier center and entrepreneur. Di mana dalam kegiatan itu, berbagai info lowongan pekerjaan yang ada di sekitar regional masing-masing kampus akan disalurkan untuk para alumni-alumni yang memiliki keinginan terjun ke dunia kerja maupun wirausaha.

Saat ini, kata dia, UBSI juga sudah menjalin kerjasama dengan ratusan perusahaan swasta yang ada di Indonesia. Selain itu, pada 2018 lalu dirinya sendiri sudah meneken MoU dengan forum human capital Indonesia yang sekaligus menandakan UBSI melalui BSI carrier center bekerjasama dengan setidaknya 148 badan usaha milik Negara (BUMN) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ia juga memaparkan bahwa selain membangun sinergitas dalam bentuk kerjasama di tingkat nasional, tentunya UBSI khususnya di Pontianak juga membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang ada di tiap regional termasuk di Kalbar sendiri.

“Dari MoU dengan berbagai BUMN yang ada kita juga ada yang namanya PMB yakni program magang bersertifikat. Maksudnya yaitu apabila mahasiswa kita dinilai baik selama masa magang di suatu perusahaan BUMN yang telah bekerjasama dengan UBSI, maka mahasiswa tersebut diberi sertifikasi khusus dan setelah keluar (lulus) dari UBSI bisa langsung diterima kerja di perusahaan tempat magang. Itu salah satu keunggulan program yang kita bangun melalui kerjasama ini,” tukasnya.

Dari sisi legalitas, diklaimnya, tak menjadi soal bagi setiap alumni UBSI di kampus manapun. Baik dari sisi akreditas maupun sertifikasi, semuanya dinilai sudah memenuhi standar dan memiliki daya saing dengan perguruan tinggi manapun.

“Jadi untuk UBSI sendiri secara kelembagaan sangat rapi, baik itu dari tingkat institusi sampai program studi yang ada semua tertata dengan baik,” imbuhnya.

Selain menelurkan alumni-alumni yang siap terjun ke dunia kerja, ia juga menuturkan sisi lain keunggulan alumni UBSI yakni siap terjun di dunia entrepreneur atau wirausaha. Dirinya berani menjamin hal tersebut, mengingat di setiap kampus UBSI yang tersebar di seluruh Indonesia semuanya telah memfasilitasi bagi mahasiswa yang menaruh minat di dunia kewirausahaan.

“Contohnya di tahun ini saja, UBSI di seluruh Indonesia mewisudakan lebih dari sembilan ribu mahasiswa, yang angka tersebut tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia. Maka dari itu, sejak di bangku kuliah tiap mahasiswa juga dibekali dan difasilitasi untuk menjadi wirausaha yang baik. Jadi secara tidak langsung ini jadi alternatif apabila ada alumni UBSI yang tidak mendapat pekerjaan, mereka bisa berwirausaha,” tuturnya.

“Karena didalam kurikulum, kita juga arahkan agar tiap mahasiswa memiliki jiwa entrepreneur. Terlebih itu sesuai dengan visi UBSI, yakni menciptakan mahasiswa yang kuat di bidang entrepreneur,” pungkasnya.

Sementara Kepala Kampus UBSI Pontianak, Eri Bayu Pratama berharap agar para mahasiswa yang diwisuda pada tahun 2019 ini bisa menjadi lulusan yang berguna bagi bangsa dan negara. Ia juga berharap agar para alumni UBSI Pontianak ke depannya bisa menggunakan ilmu yang telah didapat selama duduk di bangku kuliah di perusahaan manapun ketika memasuki dunia kerja nantinya.

Ia juga mengaku tak memiliki keraguan terhadap setiap alumni lulusan UBSI yang menurutnya sudah layak lulus dan benar-benar matang untuk terjun ke dunia kerja. Di sisi lain, dirinya juga tak merasa ragu dengan kemampuan setiap alumni yang baru saja diwisuda itu untuk terjun di bidang wirausaha.

“Intinya yang kita targetkan sejak awal adalah lulusan-lusan yang kita miliki ini adalah lulusan terbaik dan juga siap kerja. Selain itu, yang tak ketinggalan tentunya kita juga menyiapkan mereka (alumni) untuk siap apabila ingin terjun di dunia wirausaha. Karena di BSI kita punya program untuk pengusaha maupun karir, jadi semuanya tak ada masalah,” tegasnya.

Ke depan, pihaknya akan terus melakukan berbagai pembenahan. Salah satunya menyoal tata kelola kampus yang akan diubah tentunya kearah lebih baik lagi.

“Insya Allah yang terdekat, kita sudah bicarakan dengan Rektor, kita ingin meningkatkan mutu jenjang ke tingkat lebih tinggi lagi. Dalam hal ini dari pendidikan D3 ke Sarjana (S1). Selain itu kita sudah rencanakan untuk menambah beberapa jurusan yang akan hadir di UBSI Kampus Pontianak,” tandasnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar