WHW Serahkan Bantuan Alat Kesenian ke Tiga Dusun di Kendawangan

KalbarOnline, Ketapang – PT Well Harvest Winning (WHW) melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Sosial Budaya (PPM/CSR) menyerahkan bantuan berupa peralatan seni budaya untuk tiga dusun yakni Dusun Tanjung, Dusun Sungai Gantang dan Dusun Batu Begendang di Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Jumat (29/11/2019).

Bantuan alat kesenian berupa gendang tar, pembuatan tanjak serta perlengkapan rebana ini sebagai bentuk apresiasi dan dukungan PT WHW terhadap seni dan budaya di sekitar lokasi perusahaan dan di Ketapang secara umumnya.

WHW Serahkan Bantuan Alat Kesenian ke Tiga Dusun di Kendawangan 1

Perwakilan General Manager Site PT WHW, Gao Guangci mengatakan kalau acara serah terima bantuan alat kesenian dan budaya ini merupakan bentuk apresiasi dan dukungan perusahaan dalam kegiatan kebudayaan dan kesenian masyarakat sekitar proyek. Selain itu, bidang lainnya yang juga sudah berjalan antara lain program ekonomi, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

“Dengan adanya penyerahan program bantuan perlengkapan seni dan budaya ini diharapkan dapat memperkuat dan melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang ada di masyarakat sehingga tradisi ini bisa terus ada dan menjadi identitas masyarakat setempat,” katanya.

Ia berharap dengan adanya bantuan seperti ini, semakin mempererat dan meningkatkan hubungan baik yang selama ini sudah terjalin antara masyarakat dengan PT WHW, sehingga menjadi suatu sinergitas menuju masyarakat sejahtera, khususnya di Desa Mekar dan Ketapang pada umumnya.

Warga di Desa Mekar Utama Kecamatan Kendawangan memang dikenal sudah melesatrikan seni Kendang Tar sejak tahun 1960an. Kesenian tersebut sudah menjadi bagian tradisi pengiring kegiatan hajatan mulai dari khitan, pernikahan, acara penyambutan tamu dan acara lainnya. Kelompok seni Kendang Tar beranggotakan 12 orang dan cadangan lebih dari 12 orang.

Kelompok ini tidak hanya sering melakukan kegiatan seni di desa setempat, mereka  juga sering mendapatkan undangan untuk mengisi acara di daerah lain mulai dari wilayah sekitar Kendawangan hingga wilayah Kabupaten Ketapang.

“Kami sangat bersukur dan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dari manajemen PT WHW, mudah mudahan alat seni budaya ini dapat bermanfaat untuk masyarakat kami. Kami juga berharap kedepan PT WHW mampu membuat terobosan baru dalam memberikan bantuan sosial kepada masyarakat,” ujar perwakalian kelompok seni Desa Mekar Utama, Armuni.

Sementara Camat Kendawangan, Rahmad Rohendi juga menyambut baik dan mengapresiasi bantuan program CSR PT WHW yang baru saja diterima masyarakat kelompok  seni  Desa Mekar Utama.

“Tak hanya dalam bentuk bantuan fisik, PT WHW juga sangat peduli dengan kesenian daerah, atas nama Pemerintah Kendawangan mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari manajemen PT WHW,” tandasnya. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar