Dukung Terwujudnya Desa Mandiri, Polres Sekadau Inisiasi Apel Besar Tiga Pilar

KalbarOnline, Sekadau – Sebagai upaya mendukung terwujudnya desa mandiri di Kabupaten Sekadau, Polres Sekadau menggelar apel besar tiga pilar yang dilangsungkan di aula hotel Vinca Borneo Sekadau, Kamis (28/11/2019) pagi.

Kegiatan yang mengusung tema ‘meningkatkan sinergitas tiga pilar guna mendukung terwujudnya desa mandiri dalam rangka menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Sekadau’ ini dihadiri Dirreskrimum Polda Kalbar, Kombes Pol Veris Septiansyah, Kapolres Sekadau, AKBP Marupa Sagala, Sekda Sekadau, Drs. Zakaria, Pabung Kodim 1204 Sanggau, Mayor Arh. M.A. Setiawan dan sejumlah pejabat lainnya serta para tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan sejumlah elemen masyarakat lainnya. Hadir pula para Kapolsek jajaran Polres Sekadau, Danramil se-Kabupaten Sekadau, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan para Kepala Desa.

Dalam sambutannya, Kapolres Sekadau, AKBP Marupa Sagala menyampaikan, desa mandiri merupakan program dari pusat hingga daerah, untuk membentuk daerah dan SDM yang unggul.

Melalui gelaran apel ini, diharapkan sinergitas tiga pilar yang meliputi Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa, pemantapan desa mandiri khususnya di Kabupaten Sekadau dapat diwujudkan.

Kapolres menjelaskan, dalam desa mandiri terdapat indikator keamanan, di mana konteks keamanan harus mandiri. Pemeliharaan Kamtibmas terus dilakukan Polres Sekadau salah satunya bertindak sebagai motivator menggugah Kades dan masyarakat untuk membentuk Poskamling.

Sementara Dirreskrimum Polda Kalbar, Kombes Pol Veris Septiansyah mengatakan, masing-masing pilar harus bisa memerankan perannya. Harus saling mendukung, antara Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Mari kita sama-sama memajukan desa mandiri yg sudah berjalan maupun dicanangkan. Baik dari sisi ekomoni, materil, budaya dan SDM di tempat tersebut. Bangun sinergitas antara TNI-Polri dan pemerintah dalam penyelesaian masalah di setiap desa,” kata dia.

Apel Besar tiga pilar di Kabupaten Sekadau dilakukan guna terciptanya sinergitas, koordinasi dan penyamaan presepsi antara tiga pilar tersebut untuk bersama-sama mewujudkan desa mandiri serta meningkatkan prioritas pembangunan terutama dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Sekadau. (Mus)

Tinggalkan Komentar