Dekranasda Dituntut Dapat Tingkatkan Produk Unggulan Daerah

KalbarOnline, Kubu Raya – Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani Sutarmidji menghadiri pelantikan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya sekaligus pengukuhan pengurus Dekranasda Kubu Raya yang dilangsungkan di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (27/11/2019).

Pelantikan TP PKK Kabupaten Kubu Raya dilakukan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, sementara Pengukuhan Pengurus Dekranasda Kabupaten Kubu Raya periode 2019-2024 dilakukan Ketua Dekranasda Kubu Raya, Rosalina Muda.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan berharap pengurus PKK mulai tingkat kabupaten hingga kecamatan dapat terus memperkuat PKK di tingkat desa. Hal itu mengingat basis desa adalah rumah tangga. Sehingga sebelum desa dapat mandiri, rumah tanggalah yang harus terlebih dulu mandiri.

Baca Juga :  Wagub Kalbar Apresiasi Capaian Pemerintahan Hingga Lompatan Perekonomian di Kubu Raya

“Jika rumah tangga lebih cepat mandiri, maka desa-desanya pun menjadi agregat bagi kemandirian desa juga. Dan pada akhirnya kemandirian Kabupaten dan Provinsi,” kata Muda.

Menurut Muda, program kerja PKK sejatinya jauh lebih konkret dan menyentuh langsung kepada masyarakat. PKK, sebutnya, merupakan mitra terdepan Pemerintah. Karena itu, pengurus PKK mesti melakukan pendataan yang baik.

“Perlu dilakukan validasi ulang, karena kondisi sudah banyak mengalami perubahan, dan program kerja juga mesti tepat sasaran,” pesannya.

Terkait kepengurusan Dekranasda yang telah dikukuhkan, Muda menyebut hal substansial adalah fokus pada pengurangan pengangguran khususnya generasi muda. Karena di era digital saat ini semua pihak harus cepat mengejar peluang agar semua orang bisa produktif. Hal itu dapat dicapai melalui peningkatan produk-produk.

Baca Juga :  Peringati HUT Satpol PP dan Linmas, Wabup: Momen Meningkatkan Profesionalitas Menjalankan Tugas dan Pengabdian

“Hasil-hasil dari bumi kita ini harus bisa menjadi suatu identitas bagi Kabupaten Kubu Raya,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda mengatakan, kepengurusan TP PKK Kabupaten yang dipimpinnya akan segera melakukan konsolidasi. Diantaranya pemaparan program kerja, visi dan misi, pelaporan dan seterusnya.

“Setelah satu visi, langkah pertama setiap Kecamatan dan Desa akan kita adakan Latihan Pengelolaan Program Penyuluhan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau LP3PKK,” kata Rosalina.

Ia menuturkan, PKK merupakan mitra dari Pemerintah daerah. Program kerja PKK selaras dengan program Pemerintah. Juga sejalan dengan situasi dan kondisi suatu Desa.

“Intinya pencatatan data harus kita ketahui, dasa wisma dulu yang harus kita gerakkan,” katanya.

Rosalina menerangkan, keanggotaan PKK pada dasarnya tidak hanya melibatkan perempuan. Melainkan seluruh masyarakat Indonesia merupakan anggota PKK, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Sedangkan kepengurusan merupakan tim penggerak. (ian)

Comment