KPU Sekadau Gelar Sosialisasi Pemilih Tahun 2020 Bersama Media

KalbarOnline, Sekadau – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau mulai melaksanakan tahapan sosialisasi pemilih jelang pelaksanaan Pilkada Sekadau 2020 yang dilaksanakan di aula kantor KPU Kabupaten Sekadau, Senin (25/11/2019). Pada sosialisasi yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban ini turut melibatkan organisasi Ikatan Wartawan Sekadau (Sekadau).

Dalam sambutannya, Saban mengatakan, tahapan yang sudah dilaksanakan di antaranya sosialisasi di tingkat internal.

“Juga komunikasi intensif dengan Kesbangpol, Dukcapil, Kominfo, TNI-Polri, termasuk juga media massa,” kata Saban saat tatap muka bersama seluruh awak media di Kabupaten Sekadau.

Baca Juga :  Sasar Pemilih Pemula, KPU Sekadau Gelar Kursus Kepemiluan: Pertama di Kalbar

Untuk sosialisasi eksternal, KPU Sekadau mulai dengan menyediakan stan pameran pada gelaran MTQ tingkat Kabupaten Sekadau di Nanga Mahap yang baru saja berakhir.

“Kami masih menunggu hasil revisi PKPU untuk langkah selanjutnya,” ucap Saban.

Ia juga mengatakan, KPU Sekadau akan menggelar launching pemilu pada awal Januari 2020 mendatang. Hari pemungutan suara Pemilu serentak 2020 sendiri akan berlangsung pada 23 September 2020.

“Januari-Februari akan mulai membentuk badan penyelenggara seperti PPK dan PPS. Sedangkan KPPS akan dibentuk satu bulan sebelum pungut hitung,” jelas Saban.

Sementara Komisioner KPU Sekadau divisi sosialisasi dan partisipasi masyarakat, Gita Rantau menambahkan saat ini pihaknya juga tengah mengadakan sayembara pembuatan maskot pemilu 2020.

Baca Juga :  Perhelatan Pilkada, Ruang Gerak Media Dibatasi!

“Sayembara maskot berlangsung sampai tanggal 27 November 2019. Nanti akan kita lakukan uji publik untuk desainnya dengan mengundang berbagai elemen masyarakat,” tutur Gita.

Untuk Pilkada 2020, KPU Sekadau menargetkan tingkat partisipasi pemilu dapat melebihi pemilu 2019.

“Pada pemilu 2019 KPU pusat menargetkan minimal 77,7 persen partisipasi pemilih. Di Kabupaten Sekadau kita mampu mencapai 85 persen. Kita berharap pada Pilkada serentak 2020 dapat meningkat lagi,” tukasnya.

Meningkatnya partisipasi pemilu, menurut Gita, merupakan hasil kerja keras semua elemen, tak hanya penyelenggara.

“Peran media massa juga sangat penting dalam menyukseskan pemilu,” tandasnya. (Mus)

Comment