BPBD Sekadau Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir di Landau Mentawa

KalbarOnline, Sekadau – Menyikapi bencana banjir yang melanda warga Dusun Landau Mentawa Pemerintah Kabupaten melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sekadau melakukan distribusi bantuan, Selasa (19/11/2019).

Beberapa keperluan rumah tangga, disalurkan Pemkab Sekadau seperti paket dapur, paket lauk pauk, paket perlengkapan pakaian, paket mandi, mie instan, makanan tambahan gizi, makanan siap saji dan beberapa bantuan lainnya.

BPBD Sekadau Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir di Landau Mentawa 1

Seperti diketahui bahwa pada Senin (18/11/2019) pagi kemarin, warga Dusun Landau Mentawa dikejutkan dengan terjangan banjir bandang. Akibatnya, belasan rumah warga setempat tergenang banjir. Parahnya lagi, jembatan komposit yang menghubungkan Landau Mentawa-Kenatok Kecamatan Nanga Taman ke arah Kecamatan Nanga Mahap putus.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sekadau, Matius Jon mengungkapkan, banjir tersebut diakibatkan curah hujan yang tinggi sehingga Sungai Kitai meluap hingga menggenangi permukiman warga. Ketinggian air, bahkan sempat mencapai kurang lebih 1-1,40 meter.

“Lokasi tersebut berada di dataran rendah. Banjir itu juga menyebabkan jembatan putus dengan tingkat kerusakan kurang lebih 50 persen,” kata Jon. 

Jon menjelaskan, karena banjir tersebut akses jalan dan beberapa rumah terendam banjir dan menghambat aktivitas masyarakat. Saat ini, jembatan sudah diperbaiki secara swadaya oleh warga setempat.

Jembatan yang menghubungkan Landau Mentawa-Kenatok itu dengan menggunakan kayu balok. Setelah diperbaiki, kini jembatan tersebut sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

“Ada 19 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir. Saat ini kondisinya sudah surut, tadi juga sudah dilakukan penyerahan bantuan kepada warga. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut,” tandasnya. (Mus)

Tinggalkan Komentar