Dorong Pertumbuhan Ekraf, Gelar Pontianak Fashion Coffee Week

Wadah Komunitas Pecinta Kopi

KalbarOnline, Pontianak – Berbagai jenis kopi dengan cara pengolahannya menjadi sebuah suguhan menarik pada Pontianak Fashion Coffee Week 2019 di Gedung Dekranasda dan UMKM Center Kota Pontianak, Sabtu (16/11/2019).

Para peserta yang berasal dari komunitas pecinta kopi menampilkan kemahirannya dalam menyeduh dan menyajikan minuman kopi. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono turut menikmati rasa kopi hasil olahan para barista.

Kerap menggelar even-even dan festival merupakan satu di antara upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam memfasilitasi dan menginisiasi kegiatan ekonomi kreatif (ekraf). Bahkan, menurut Edi, bila perlu even-even yang ada digelar rutin sebagai ajang mendorong pertumbuhan ekraf di Kota Pontianak. Pontianak Fashion Coffee Week yang digelar ini menjadi salah satu bentuk dukungan Pemkot Pontianak terutama terhadap komunitas pecinta kopi.

Baca Juga :  Sutarmidji Minta SAR Kedepankan Edukasi Cegah Potensi Kecelakaan

“Silahkan masyarakat dan pelaku usaha kopi untuk hadir di UMKM Center ini untuk mengetahui bagaimana cara mengolah kopi menjadi sebuah kemasan, tidak hanya dalam bentuk suguhan minuman, tetapi juga produk-produk turunan dari kopi tersedia selama festival ini. Misalnya sabun kopi, parfum, gel untuk pelembab dan sebagainya,” ujarnya.

Kendati baru pertama kalinya digelar, Edi berharap tahun depan even serupa digelar dengan skala lebih besar lagi sehingga mampu menyedot lebih banyak pengunjung. Pontianak, kata dia, sudah dikenal sebagai kota dengan jumlah warung kopi terbanyak dan penikmat kopi terbesar. Melalui Pontianak Fashion Coffee Week ini, para penggemar kopi dan masyarakat akan bertambah wawasannya bahwa banyak varietas kopi yang ada di dunia dan produk turunannya.

Baca Juga :  Pemkab Sekadau Pertahankan WTP Ketujuh Kalinya, Ini Kata Bupati Rupinus

“Semua hal berkaitan dengan kopi, barista kopi, tester kopi yang berkelas dan tidak kalah dengan negara-negara lainnya ada di Pontianak Fashion Coffee Week ini,” ungkap dia.

Untuk diketahui, Pontianak menjadi sebuah kota yang memiliki warung kopi terbanyak dan tersebar di berbagai pelosok sudut kota. Hampir setiap hari para penikmat kopi, mulai dari kalangan remaja hingga orang tua menghabiskan waktu luangnya menikmati kopi di warung kopi. (jim)

Comment