Bupati Rupinus Hadiri Rakornas Indonesia Maju di Sentul

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus berkesempatan menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) yang dilangsungkan di Sentul International Convention Center, Bogor, Rabu (13/11/2019). Selain Bupati Rupinus, hadir pula unsur Forkopimda Sekadau di antaranya Dandim 1204 Sanggau, Kapolres Sekadau dan Kajari Sekadau.

Tampak hadir juga mendampingi Bupati, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sekadau, AM. Saleh, S.Sos.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang membuka langsung rakornas tersebut meminta pemerintah daerah untuk tidak terlalu banyak membuat aturan. Jokowi menilai aturan yang banyak membuat birokrasi semakin ruwet sehingga salah satunya menyebabkan investor asing enggan menanamkan modal ke Indonesia.

Menurut Jokowi, hal-hal seperti itu harus dihentikan. Jokowi mengatakan, peraturan yang menumpuk membuat pemerintah tak bisa bergerak cepat dalam mengambil keputusan.

Program prioritas yang digaungkan oleh Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo-Ma’ruf Amin yaitu mengenai pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), kesehatan dan pendidikan. Kemudian, mengenai pembangunan infrastruktur, penyegaran regulasi, reformasi birokrasi serta transformasi ekonomi.

Diwawancarai usai rakor, Rupinus menyampaikan, rakornas tersebut menekankan semua Forkopimda di provinsi, kabupaten agar dapat bersinergi dalam membangun daerahnya masing-masing.

“Bahwa tadi sudah jelas pesan dari Bapak Presiden Jokowi, untuk menyamakan persepsi dan merubah mindset serta berkomitmen bersama untuk melakukan reformasi yang nyata supaya Forkopimda selalu bekerjasama dalam setiap sekecil apapun masalah dan bergandengan tangan dalan membangun daerah Indonesia dan lebih khusus untuk Kabupaten Sekadau juga harus demikian,” tandasnya. (Mus)

Tinggalkan Komentar