Maknai Hari Pahlawan, Edi Minta ASN Berkinerja Profesional

Peringati Hari Pahlawan, Pemkot Gelar Upacara dan Ziarah Makam Pahlawan

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menjadi ASN yang profesional dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi terkini. Hal itu dikatakannya sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 ‘Aku Pahlawan Masa Kini’.

“Permasalahan atau tantangan ke depan adalah bagaimana di era digital yang begitu cepat ini bisa dimanfaatkan para ASN dalam memberikan pelayanan yang cepat dan optimal,” ujarnya usai upacara peringatan Hari Pahlawan serta ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan, Gusti Lagum Amin di Pemakaman Sungai Bangkong Kecamatan Pontianak Kota, Minggu (10/11/2019).

Untuk menjadi ASN profesional, lanjutnya, harus dibarengi dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kompetensi ASN. Sebagai seorang ASN, sudah sepatutnya mampu menguasai IT sehingga tantangan era digital bisa ditangani dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

“Kuncinya adalah disiplin dan lakukan inovasi-inovasi di setiap lini pelayanan. Artinya, masyarakat akan merasakan dampak dari pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemkot Pontianak,” sebutnya.

Edi juga mengajak seluruh jajaran Pemkot Pontianak dalam memaknai Hari Pahlawan tidak hanya sekadar seremoni saja, tetapi bagaimana memaknai nilai-nilai perjuangan kepahlawanan dengan mengadopsi dan menjadikan semangat untuk membangun Kota Pontianak.

“Pembangunan yang berkualitas, cepat, efisien dan bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Dalam suasana peringatan Hari Pahlawan, usai upacara bendera di Halaman Kantor Wali Kota Pontianak, jajaran pejabat Pemkot Pontianak berziarah ke sejumlah makam pahlawan di Kota Pontianak. Di antaranya Makam Gusti Lagum Amin di Pemakaman Sungai Bangkong, Makam Atmo Umar di Gang Bukit Sebedang Kelurahan Sungai Jawi dan Makam Gusti Said Rani di Gang Kamboja Kelurahan Benua Melayu Laut. Edi menuturkan, ziarah ke makam para pahlawan tersebut selain mendoakan almarhum, juga bersilaturahmi dengan ahli waris pahlawan sekaligus menyerahkan bingkisan.

“Mudah-mudahan dengan berziarah ke makam para pahlawan ini, memberikan semangat bagi kita generasi penerus bangsa melanjutkan perjuangan dengan membangun Kota Pontianak,” tukasnya.

Gusti Tajudin, satu di antara ahli waris Gusti Lagum Amin, menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian Pemkot Pontianak yang telah berziarah ke makam mendiang orang tuanya. Pihaknya juga mengapresiasi perhatian Pemkot Pontianak terhadap penataan pemakaman di Sungai Bangkong yang dinilainya cukup baik.

“Mudah-mudahan Hari Pahlawan ini memberi berkah bagi kita semua untuk kemajuan bangsa,” pungkasnya. (jim)

Tinggalkan Komentar