Amankan Kontinyuitas Pasokan Listrik, PLN Lakukan Perawatan Mesin Pembangkit

KalbarOnline, Ketapang – Guna menjaga kelangsungan pasokan listrik pelanggan, PLN Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UP3) Ketapang melaksanakan pemeliharaan periodik pada pembangkit listrik unit 2 di Pembangkitan Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sukabangun.

Manejer PLN UP3 Ketapang, Wilfrid mengatakan, pemeliharaan periodik ini dilakukan pihaknya guna menjaga mutu pelayanan dengan tenaga mekanik yang profesional.

“Dalam melaksanakan kegiatan pemeliharaan ini kami telah menyiapkan tenaga yang berkompeten dan mekanisme kerja yang profesional agar proses pemeliharan dapat tepat waktu dan memberikan hasil yang baik,” ujarnya, Senin (11/11/2019).

Baca Juga :  KPU Ketapang Segera Susun DPTb Tahap Dua
Amankan Kontinyuitas Pasokan Listrik, PLN Lakukan Perawatan Mesin Pembangkit 1

Wilfrid menyebut, dengan adanya pemeliharaan mesin pembangkit ini, pihaknya melakukan optimalisasi pembangkit listrik yang ada dan melakukan komunikasi dengan pelanggan captive power agar dapat memanfaatkan mesin pembangkit yang ada untuk keperluan operasional, serta menyampaikan informasi kondisi ini kepada masyarakat, agar masyarakat dapat mengetahui jadwal pengaturan penyalaan bergilir.

“Pemeliharaan pembangkit tersebut dilakukan mulai tanggal 6 November hingga 25 November 2019 selama kurang lebih 20 hari. Pemeliharaan pembangkit periodik secara teknis adalah langkah yang wajib dilakukan pada mesin pembangkit, selain untuk memperpanjang usia mesin sekaligus meningkatkan performa mesin itu sendiri,” jelas Wilfrid.

Baca Juga :  LBH Posbakumadin Siap Dampingi Masyarakat Gugat PLN Ketapang

Ia juga mengatakan, pemeliharaan mesin PLTU Sukabangun unit 2 akan mempengaruhi kecukupan daya yang disalurkan kepada pelanggan sehingga perlu dilakukan pengaturan penyalaaan secara bergilir pada masyarakat.

“Dampak dari kekurangan daya tersebut pelanggan akan mengalami padam dengan durasi kurang lebih 2 jam dengan defisit 4 Mw di waktu beban puncak malam,” tuturnya.

Karena itu, pihaknya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan ini dan dipastikan untuk terus memantau kegiatan pemeliharaan ini secara intensif.

“Doa dan dukungan dari pelanggan merupakan semangat kami untuk terus berbenah meningkatkan kualitas pelayanan kami,” tandasnya. (Adi LC)

Comment