Ribuan Umat Muslim Sekadau Hadiri Pembukaan Maulid Tradisional MTAMT

KalbarOnline, Sekadau – Ribuan umat muslim Kabupaten Sekadau dari berbagai kecamatan di Sekadau berbondong-bondong mendatangi Masjid Babussalam, Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad 1441 Hijriah sekaligus pembukaan maulid tradisional yang akan dilaksanakan selama empat bulan ke depan, Sabtu (9/11/2019).

Kegiatan yang digelar Majelis Ta’lim Al-Barjanzi Maulid Tradisional (MTAMT) Sekadau ini dibuka langsung oleh Bupati Sekadau yang diwakili oleh Asisten lll Sekretariat Daerah Sekadau, Sapto Utomo yang ditandai dengan menabuh rebana. Turut hadir sejumlah anggota DPRD Sekadau, Muslimin dan Zainal, Ketua MTAMT Sekadau, H. Abdul Bakar, Camat Sekadau Hilir, pengurus Masjid Babussalam, Wakapolsek Sekadau Hilir, Ketua MUI Sekadau, Ketua PHBI Sekadau, sejumlah ormas, organisasi pemuda Sekadau, tokoh agama dan tamu undangan lainnya.

Ribuan Umat Muslim Sekadau Hadiri Pembukaan Maulid Tradisional MTAMT 1

Ketua MTAMT Sekadau, H. Abdul Bakar mengatakan, Maulid tradisional ini akan diadakan selama empat bulan ke depan. Dalam pelaksanaannya, kata dia, Maulid tradisional tersebut akan dilaksanakan secara keliling dari masjid ke masjid se-Kabupaten Sekadau dan sekitarnya.

“Nantinya akan dibagi dengan dua zona sesuai dengan jadwal yang telah disusun panitia MTAMT Sekadau,” ujarnya.

Ia mengatakan, melalui Maulid tradisional ini juga untuk memantik rasa kebersamaan dan kegotongroyongan umat.

Ribuan Umat Muslim Sekadau Hadiri Pembukaan Maulid Tradisional MTAMT 2

“Umat membawa makanan masing-masing dari rumah. Kalau dijumlahkan memang besar biayanya, tapi dengan cara ini akan menjadi ringan. Itu namanya kebersamaan, yang berat jadi ringan karena adanya kerjasama ini,” kata dia.

Adapun tema yang diusung pada Maulid tradisional di Desa Tanjung ini ‘mari kita teladani akhlak Rasulullah, semoga kita termasuk orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berzikir kepada Allah’.

Ribuan Umat Muslim Sekadau Hadiri Pembukaan Maulid Tradisional MTAMT 3

Adapun penceramah dalam Maulid tradisional ini yakni Ustadz M. Ma’shum Ahmadi, S,Ag, Kasi Pendidikan Diniyah dan Al-Qur’an dari Kanwil Kementerian Agama Kalimantan barat yang menceritakan tentang perjuangan Rasulullah dalam menenggakkan agama Islam. (Mus)

Tinggalkan Komentar