Warga Air Upas Keluhkan Jalan yang Rusak Parah

KalbarOnline, Ketapang – Warga Kecamatan Air Upas mulai mengeluhkan kondisi jalan raya mereka yang rusak parah. Pasalnya, kondisi tersebut mengancam keselamatan setiap pendendara.

Jalan yang kerap dilalui banyak kendaraan setiap harinya ini sudah sejak lama dibiarkan rusak sehingga pengendara yang melewati jalur ini harus ekstra hati-hati, sebab medan yang dilalui berbatuan tajam serta terdapat banyak lubang jalan yang cukup dalam dan sangat membahayakan.

Warga Air Upas Keluhkan Jalan yang Rusak Parah 1

Kondisi tersebut semakin mengkhawatirkan, sebab jalan tersebut persis di depan Sekolah Dasar Negeri 3 Air Upas yang merupakan akses lalu lintas padat masyarakat dan para pelajar yang tentunya sangat membahayakan.

Alsafar, S.Pd salah seorang warga setempat turut mengeluhkan kondisi jalan tersebut. Menurut Alsafar yang juga merupakan tenaga pengajar SDN 3 Air Upas itu, kondisi jalan tersebut selain memperlambat perjalanannya menuju sekolah tempat di mana ia mengajar, juga sangat mengancam keselamatan bagi setiap para pengguna jalan.

Warga Air Upas Keluhkan Jalan yang Rusak Parah 2

Menurutnya Kecamatan Air Upas merupakan kecamatan berkembang, namun seiring dengan perkembanganya tidak didukung dengan pembangunan infrastruktur jalan yang baik. Tentu hal ini akan menimbulkan kesenjangan dalam semua aspek.

Baca Juga :  Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Ikuti Kegiatan Susur Sungai Napak Tilas 2023

“Jalannya sangat rentan dengan kecelakaan selain berbatuan, berlubang jalan tersebut juga sangat sempit kita harus ekstra hati-hati apa lagi daerah tersebut padat lalu lintas. Tentunya Sangat menghambat lajunya kendaraan yang kita kendarakan setiap harinya,” tukasnya.

Ia juga berharap pada Pemerintah Kabupaten Ketapang agar memperhatikan dan segera memperbaiki kondisi jalan tersebut karena jalan tersebut padat lalu lintas dan merupakan jalan poros penghubung antara kecamatan-kecamatan lainnya.

Warga Air Upas Keluhkan Jalan yang Rusak Parah 3

Sementara seorang ibu rumah tangga, Nova Yulita yang setiap harinya melalui jalan tersebut mengaku resah dengan kondisi jalan yang bertahun-tahun dibiarkan tanpa ada perbaikan dari pemerintah. Ia bersama warga lainnya mempertanyakan status jalan tersebut apakah menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Ketapang atau Pemerintah Provinsi Kalbar.

Nova yang setiap harinya beraktivitas mengantar dan menjemput anaknya sekolah itu mengatakan bahwa selain ruas jalan yang sempit, kondisi jalan tersebut dipenuhi bebatuan bekas pengikisan dari aspal yang rusak. Menurutnya, kondisi jalan tersebut selain menimbulkan kemacetan juga membuat kendaraan sepeda motornya sering rusak.

“Biasanya dipagi hari jalan itu macet karena lalu lintas orang-orang yang ke tempat kerja ditambah anak-anak kami yang sekolah tiap hari lewati jalan itu, saya sebagai orang tua sangat khawatir terhadap anak kami yang melintasi jalan itu soalnya sangat rawan akan kecelakaan. Ruas jalan yang sempit, kondisi jalannya berlubang dan berbatuan, mengakibatkan motor kami sering rusak,” tuturnya kesal.

Baca Juga :  KPU Ketapang Butuh 10.955 Petugas KPPS

Menanggapi keluhan warganya, Kepala Desa Air Upas, Ir. Matias Sembiring menjelaskan, jalan tersebut bukan menjadi tanggung jawab pemerintah desa namun merupakan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Ketapang. Di mana setiap tahunnya telah dimasukan dalam Musrenbangdes agar jalan tersebut menjadi prioritas. Namun, kata dia, sampai saat ini jalan tersebut tak kunjung diperbaiki. Padahal, kata dia, jalan tersebut merupakan jalan poros dan jalan utama yang sering dilalui.

“Kita menyadari bahwa jalan tersebut sangat padat lalu lintas dan perlu kita ketahui bahwa status jalan tersebut merupakan jalan kabupaten di mana setiap tahunnya selalu kita masukan dalam Musrenbangdes namun belum terealisasi. Jadi dalam hal ini bukan merupakan wewenang desa atau tanggung jawab pemerintah desa. Saya juga masih ingat betul tahun 2018 lalu saat kunjungan ke Air Upas, Bupati Ketapang telah menyinggung soal jalan tersebut dan mendukung agar menjadi prioritas untuk segera diperbaiki. Kita juga berharap di 2020 nanti mudah-mudahan segera direalisasikan dan diperbaiki,” pungkasnya. (Goda)

Comment