Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga di Sungai Ringin Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Warga Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar dihebohkan dengan tumbuhnya bunga bangkai. Tanaman langka yang berbahasa latin Amorphophallus titanium ini tumbuh dan mekar di pekarangan halaman rumah dan menjadi tontonan warga sekitar.

Bunga bangkai tersebut tumbuh di pekarangan rumah milik Suriono (50). Yang mana diakuinya, pertama kali ditemukan oleh sang istri, Sumarni. Suriono mengaku bahwa bunga bangkai tersebut mekar seminggu yang lalu sejak ditemukan oleh istrinya.

“Sejak ditemukan, makin lama makin mekar. Seiring dengan pertumbuhannya, bunga itu menimbulkan bau busuk yang pekat, sampai dikerumuni lalat-lalat besar,” ujarnya.

Bau busuk menyengat itu, kata Suriono, lantas mengundang warga setempat untuk melihat bunga berukuran hampir 50 centimeter itu.

“Tentu saja mengundang warga datang, karena baunya yang tidak enak dicium. Seperti bau bangkai ayam atau bangkai lainnya,” ucapnya.

Awalnya ia tak menyangka bahwa tanaman tersebut merupakan bunga bangkai, pasalnya selama ia menempati rumah tersebut selama hampir 20 tahun, tanaman itu awalnya hanya tumbuh pohonnya.

“Kita tidak tahu kalau itu bunga bangkai. Kalau pohonnya sudah lama tumbuh, selama saya tinggal di sini hampir 20 tahun. Jadi baru seminggu ini mekar bunganya,” tukasnya.

Suriono juga mengakui bahwa sebelumnya bunga serupa telah tumbuh di tempat lain yakni di belakang rumah adik iparnya sekitar dua tahun yang lalu.

“Tapi lebih kecil dari ini, baunya juga tidak menyengat. Sudah ramai warga setempat melihat langsung, karena warga juga bingung dengan bau yang dikeluarkan bunga ini, tapi asalnya dari mana, ternyata dari bunga ini,” tandasnya. (Mus)

Tinggalkan Komentar