by

Momentum Sumpah Pemuda, Ini Harapan Kadisporapar Bagi Pemuda Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Di momentum Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sekadau, Paulus Misi mengajak para pemuda untuk tetap bersatu. Ia juga berharap para pemuda untuk terus berkreativitas serta berkontribusi dalam pembangunan dengan meningkatkan sumber daya manusia dan keterampilan yang dimiliki.

Pasalnya, kata dia, pemuda merupakan generasi penerus estafet kepemimpinan bangsa. Untuk itu, para pemuda khususnya pemuda Sekadau dimintanya untuk memahami hal itu.

Di momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 itu pula ia menegaskan agar para pemuda tetap memiliki semangat NKRI seiring dengan semangat sumpah pemuda yang berlandaskan pada Pancasila baik sebagai ideologi dasar dan falsafah bangsa Indonesia.

“Ini harus terus dipegang teguh dan terpatri di sanubari dan menjadi pegangan dalam melangkah,” ujarnya.

Dia juga berpesan agar para pemuda khususnya generasi muda yang masih menempuh pendidikan untuk belajar dengan baik agar menyongsong masa depan yang gemilang.

“Asah profesionalisme dan keterampilan yang nanti bisa dipergunakan untuk membangun bangsa dan negara ke depan. Jauhilah hal-hal yang buruk, hal-hal yang tidak berguna seperti penggunaan narkoba dan kebiasaan yang tidak baik,” pesannya.

“Semua upaya itu tentu tidak akan terlaksana dengan baik jika seseorang tidak menjaga kesehatan tubuh maupun jiwanya,” timpalnya.

Untuk itu, kata dia, para pemuda harus memiliki tubuh yang sehat. Selain itu, fokus dalam belajar dan bekerja. Tentunya, kata dia, dengan memegang prinsip prioritas yang mendahulukan kepentingan yang lebih baik.

“Kemudian moral, etika dan agama juga menjadi pegangan yang sangat bermanfaat,” pungkasnya.

Sementara Kepala Bidang Kepemudaan Disporapar Sekadau, Idin mengharapkan kerjasama antara pemerintah daerah dan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sekadau dapat semakin baik. Terutama dalam pengembangan terhadap para pemuda di Kabupaten Sekadau.

“Kalau peringatan untuk tahun ini sudah lebih bagus dibandingkan tahun lalu. Karena peringatan sumpah pemuda kali ini dilaksanakan dengan upacara bendera. Kalau sebelumnya kita hanya apel. Selain itu, Pak Bupati juga ikut dalam pelaksanaannya, serta kita juga melibatkan anak-anak yang di tahun-tahun sebelumnya aktif di Jambore serta Paskibraka,” ungkapnya.

Ia pun menyampaikan beberapa hal yang diperlukan berbagai organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Sekadau. Seperti diperlukannya gedung pertemuan khusus, sehingga mereka dapat melaksanakan berbagai kegiatan di gedung tersebut.

“Kita juga selalu laksanakan kegiatan-kegiatan kepemudaan namun tetap disesuaikan dengan anggaran yang kita miliki. Ada beberapa kegiatan yang dari pusat tidak tersedia anggarannya tetapi kita tetap usahakan untuk dikoordinir,” jelasnya.

Untuk organisasi kepemudaan yang aktif dalam melestarikan kebudayaan atau kerajinan ia pun menyarankan untuk melaporkan kegiatan tersebut kepada Disporapar sehingga dalam pelaksanaannya dapat dibantu atau diarahkan sesuai dengan kebutuhan organisasi kepemudaan tersebut. (Mus)

Comment

News Feed