by

Wabup Ketapang : Pemuda Harus Tangguh

Peringatan Hari Sumpah Pemuda

KalbarOnline, Ketapang – HariSumpah Pemuda diperingati jajaran Pemerintah Kabupaten Ketapang dengan upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Ketapang, Senin (28/10/2019). Upacara yang dipimpin oleh Wakil Bupati Ketapang, Suprapto sebagai Inspektur Upacara itu mengusung tema ‘Bersatu Kita Maju.

Turut hadir Dandim 1203 Ketapang, Letkol Kav Jamian, Kepala Kejaksaan Negeri Ketapang, Dharmabella Tymbasz, Kapolres Ketapang, AKBP Yury Nur Hidayat, Sekda Ketapang, H. Farhan, SE., M.Si, para Asisten, Kepala Dinas/Kepala Badan, serta jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) PNS, TNI/Polri, bersama organisasi Kepemudaan, Pramuka, Satuan Pendidikan baik umum maupun keagamaan dan unsur kepemudaan lainnya.

Upacara tersebut juga dirangkai dengan penganugerahan Satya Lencana Karya Satya bagi PNS di lingkungan Pemkab Ketapang yang telah mengabdi selama 30, 20 dan 10 tahun. Upacara yang berlangsung khidmad dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh pasukkan pengibar bendera Kabupaten Ketapang, pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 oleh Pemuda Pancasila dan pembacaan teks keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh Pemuda Dayak Ketapang.

Dalam sambutannya, Wabup Suprapto mengatakan Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema ‘Bersatu Kita Maju’. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” kata Wabup yang membacakan sambutan tertulis Menpora.

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas.

Pemuda juga diharapkan Menpora harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Peran pemuda, diharapkan dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

“Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya, dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda di dunia, kita tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi, tapi kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat dan tentunya didukung oleh Ilmu pengetahuan dan teknologi,” tukasnya.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment

News Feed