Bupati Rupinus : Pemuda Harus Mampu Jawab Tantangan Zaman

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

KalbarOnline, Sekadau – Hari Sumpah Pemuda diperingati jajaran Pemerintah Kabupaten Sekadau dengan upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Sekadau, Senin (28/10/2019). Upacara yang dipimpin oleh Bupati Sekadau, Rupinus sebagai Inspektur Upacara itu mengusung tema ‘Bersatu Kita Maju.

Turut hadir Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi, Kepala Kejaksaan Negeri Sekadau, Andri Irawan, Pabung Kodim 1204/Sgu, Mayor Arh M. Agus Setiawan, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Rupinus mengatakan Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema ‘Bersatu Kita Maju’. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi ibaratkan dua mata pisau. Di mana satu sisinya memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing,” kata Bupati yang membacakan sambutan tertulis Menpora.

Baca Juga :  Bupati Sekadau Umumkan Tiga Tambahan Pasien Positif Covid-19

Namun, kata dia, pada sisi lainnya, perkembangan tersebut mempunyai dampak negatif. Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba dan pergaulan bebas hingga radiklisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

“Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertakwa berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas,” tukasnya.

“Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skil kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internsional,” timpalnya.

Baca Juga :  Meski Hujan Deras, Bupati Tetap Turun Resmikan Gereja Katolik Gandis

Tema Bersatu Kita Maju ini, lanjut dia, sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda, Indonesia bisa lebih maju dalam menghadapi persaingan dunia.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” imbuhnya.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” tukasnya.

Di peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 ini, Bupati Rupinus juga meminta agar momen tersebut diperingati oleh para pemuda Sekadau khususnya untuk menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan.

“Semoga Tuhan senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua,” pungkasnya. (Mus)

Comment