Gelar Manasik Haji Cilik, IGRA Sekadau : Kenalkan Proses Ibadah Haji Sejak Dini

KalbarOnline, Sekadau – IkatanGuru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Sekadau menggelar manasik haji bagi anak-anak usia dini yang dilangsungkan di Masjid Besar Al-Falah Sekadau. Puluhan siswa-siswi dari tiga lembaga pendidikan seperti RA Amaliyah Sekadau, RA Al Iqdam Merapi dan RA Al Hidayah Nanga Mahap turut serta dalam manasik haji cilik ini.

Ketua IGRA Kabupaten Sekadau, Iin mengatakan pelaksanaan manasik haji cilik ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta kepada agama Islam dengan cara memperkenalkan rukun Islam kelima yaitu ibadah haji.

Gelar Manasik Haji Cilik, IGRA Sekadau : Kenalkan Proses Ibadah Haji Sejak Dini 1

“Dalam kegiatan kita kenalkan tata caranya, siapa tau kelak ketika mereka dewasa menjadi motivasi dan cita-cita untuk menunaikan ibadah haji,” ucap Iin yang juga merupakan Kepala RA Amaliyah Sekadau ini.

Baca Juga :  Wabup Aloysius Teken KUPA-PPAS APBD Sekadau

Ia menambahkan pengenalan tata cara ibadah haji ini penting guna menumbuhkan semangat haji sejak dini.

Terlebih lagi, ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang membutuhkan kesiapan mental serta fisik yang memadai, sehingga sejak usia dini perlu diperkenalkan kepada anak-anak dan setidaknya mereka mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji.

Baca Juga :  Kapolres Sekadau Pimpin Penyaluran Sembako Bagi Korban Banjir di Desa Seraras

Salah satu pelatih manasik, H. Jamin menjelaskan, dalam manasik tersebut anak-anak diajarkan mengenai niat dalam pelaksanaan ibadah haji. Kemudian dilanjutkan dengan talbiyah, mengenalkan perjalanan ke arafah, wukuf, melempar jumroh, pelaksanaan tawaf mengelilingi ka’bah, sa’i dan ditutup dengan tahlul.

“Tadi anak-anak kita ajarkan dan kenalkan sedikit proses pelaksanaan haji, semoga dapat menambah wawasan serta semoga kedepan setelah mereka dewasa mereka lebih mengenal bagaimana tata Haji dan tentu bisa menjalankannya jika punya kemampuan lebih,” tukas Jamin yang juga merupakan anggota Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Sekadau. (Mus)

Comment