Pimpinan DPRD Sintang Definitif Periode 2019-2024 Resmi Ditetapkan, Ini Harapan Bupati Jarot

KalbarOnline, Sintang – Pimpinan DPRD Sintang definitif resmi ditetapkan melalui rapat paripurna pengucapan sumpah dan janji Ketua dan dua Wakil Ketua DPRD Sintang periode 2019-2024. Pengucapan sumpah dan jani tiga pimpinan DPRD Sintang yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Sintang, Yogi Dulhadi itu dilangsungkan di ruang rapat paripurna DPRD Sintang, Jumat (25/10/2019).

Mereka yang dipercayakan partai politik masing-masing untuk menduduki kursi unsur pimpinan DPRD Kabupaten Sintang yakni, Florensius Roni (NasDem) sebagai Ketua DPRD Sintang dan Jefray Edward (PDI Perjuangan) sebagai Wakil Ketua I. Sementara untuk jabatan Wakil Ketua II belum dilantik lantaran terlambatnya surat rekomendasi dari Hanura.

Pimpinan DPRD Sintang Definitif Periode 2019-2024 Resmi Ditetapkan, Ini Harapan Bupati Jarot 1

Bupati Sintang, Jarot Winarno yang turut hadir dalam paripurna tersebut mengingatkan bahwa pekerjaan besar yang harus segera dilakukan pimpinan DPRD definitif yaitu membahas anggaran tahun 2020 yang sudah menunggu untuk dibahas. Beberapa hal lain juga disampaikan Bupati Jarot seperti kebutuhan regulasi baik di bidang sosial, pembangunan maupun bidang lainnya yang mendesak untuk dibahas.

“Anggaran 2020 sudah menunggu untuk di bahas. Selain itu, juga masih terdapat kebutuhan-kebutuhan regulasi lainnya baik dalam bidang sosial, pembangunan, maupun bidang lainnya yang mendesak untuk dibahas,” ujarnya.

Orang nomor wahid di Bumi Senentang ini juga berharap kinerja DPRD Sintang periode 2019-2024 ini dapat semakin dinamis, terlebih lagi kata dia, pimpinan DPRD Sintang masih fresh dan masih muda.

“Kontrol dari legislatif juga sangat kami harapkan agar pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan di Kabupaten Sintang ini tetap on the right track dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Hal ini disebabkan, Kabupaten Sintang hingga saat ini masih memiliki berbagai isu strategis yang membutuhkan kinerja pemerintahan daerah yang optimal. Tingkat kesejahteraan masyarakat dan produktifitas ekonomi masyarakat masih perlu untuk ditingkatkan. Kondisi infrastruktur dasar terutama jalan,” tukasnya.

Baca Juga :  Bupati Cup III 2018 Resmi Dimulai, Jarot Harap Tak Melulu Sintang Jadi Juara
Pimpinan DPRD Sintang Definitif Periode 2019-2024 Resmi Ditetapkan, Ini Harapan Bupati Jarot 2

“Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang periode 2014-2019 atas kerjasama dan kontribusi yang telah diberikan selama ini semasa menjabat sebagai pimpinan DPRD Sintang. Semoga keberhasilan yang telah dicapai oleh pimpinan DPRD masa jabatan tahun 2014-2019 dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dan lahir inovasi-inovasi baru demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Sintang,” timpalnya.

Selain itu, Bupati Jarot juga menyinggung mengenai infrastruktur jembatan yang masih mengalami keterbatasan baik dilihat dari jumlah, panjang dan kondisinya. Kemudian pelayanan pendidikan dan kesehatan yang belum maksimal di seluruh wilayah, tingkat kualitas sumber daya manusia yang belum sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman serta potensi ancaman keamanan baik dalam lingkup lokal, regional maupun nasional masih relatif tinggi.

Menghadapi berbagai isu strategis daerah tersebut, dirinya berharap kerjasama dan kebersamaan yang telah terbangun selama ini antara pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Sintang dapat terus dipelihara dan semakin dikuatkan.

“Keberadaan para pimpinan DPRD Kabupaten Sintang, diharapkan mampu mendorong terwujudnya kinerja seluruh anggota DPRD yang dinamis dan optimal. Mengingat tantangan yang dihadapi keberhasilan yang telah dicapai harus dipertahankan dan ditingkatkan. Acara pelantikan pimpinan DPRD Sintang pada hari ini juga merupakan momentum penting yang ditunggu-tunggu. Tanpa pimpinan DPRD dan kelengkapannya maka segala proses regulasi yang hendak dilakukan akan mengalami stagnasi terlebih lagi APBD Kabupaten Sintang,” tukasnya.

Baca Juga :  Ini Nomor Urut Tiga Paslon di Pilkada Sintang 2020

“Sebagai mitra kerja, inilah saatnya kita merealisasikan keinginan, aspirasi, harapan, kepentingan ideal rakyat yang sudah memberikan kepercayaan dan amanah kepada kita semua. Momentum pelantikan pada hari ini, saya mengajak kita semua seluruh komponen bangsa di Kabupaten Sintang untuk merubah dukungan rakyat menjadi kepercayaan dan dari kepercayaan itu berbuah kesejahteraan rakyat Kabupaten Sintang secara keseluruhan di masa depan,” pungkasnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Ronny dalam sambutannya menyampaikan target pihaknya dalam waktu dekat yang harus segera diselesaikan. Tak lain tak bukan yakni alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Sintang yang ditagetkannya dapat terselesaikan dalam satu minggu ke depan.

“Saya sudah melakukan komunikasi kepada seluruh fraksi. Tujuannya, agar semua fraksi segera membentuk dan menempatkan anggota-anggotanya di dalam AKD. Termasuk untuk komposisi Ketua Komisi DPRD Sintang. Saya juga optimis target satu minggu untuk penyelesaian pembentukan AKD bisa terealisasi. Satu minggu ke depan sudah final semuanya. Sehingga bisa beralih ke urusan lainnya,” ujarnya.

“Kita juga menargetkan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 di awal atau pertengahan November 2019. Namun, legislatif masih menunggu Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sintang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sintang Tahun Anggaran 2020,” tambah Ronny.

Sementara Gubernur Kalbar, Sutarmidji diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Ana Veridiana Iman Kalis dalam sambutannya menyampaikan bahwa Ketua dan Wakil Ketua DPRD Sintang harus memiliki hubungan yang harmonis dan saling bersinergi dengan kepala daerah. Hubungan kerja antara kepala daerah dengan DPRD didasarkan pada hubungan kemitraan yang sejajar.

“Kemitraan tersebut misalkan pada pembuatan peraturan daerah, laporan pertanggungjawaban kepala daerah kepada DPRD dan rapat-rapat lainnya. Saya yakin DPRD Sintang bisa harmonis dan saling bersinergi dengan kepala daerah dan OPD. DPRD merupakan representasi rakyat, untuk itu saya mendorong DPRD Sintang bisa maksimal dalam bekerja. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyambut baik adanya pimpinan definitif DPRD Sintang. Pimpinan DPRD Sintang menjadi jembatan kepala daerah dengan DPRD Sintang,” tandasnya. (*/Sg)

Comment