Wabup Askiman Buka Jemelak Expo 2019, Ini Harapannya

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Askiman secara resmi membuka Jemelak Expo 2019 yang dilangsungkan di lokasi wisata Jemelak, Kelurahan Akcaya, Rabu (23/10/2019). Pembukaan even Jemelak Expo yang merupakan kali pertama digelar ini ditandai dengan memainkan angklung oleh Wabup Askiman.

Kedatangan orang nomor dua di Bumi Senentang bersama rombongan ini disambut dengan tarian etnis Dayak. Dalam kesempatan itu, Wabup Askiman didaulat untuk melakukan pemotongan hompong. Sebelum dimulainya kegiatan, panitia terlebih dulu menampilkan paduan suara yang membawakan lagu yang berjudul Jemelak Lestari.

Dalam sambutannya, Wabup Askiman mengatakan, Danau Jemelak merupakan suatu potensi yang sungguh luar biasa yang dimiliki oleh Kabupaten Sintang.

“Pemerintah Kabupaten Sintang tentunya sangat mendukung kegiatan Jemelak Expo ini yang sekaligus untuk mempromosikan kawasan wisata Danau Jemelak,” terang Wakil Bupati Sintang.

Baca Juga :  Bupati Jarot Buka Gawai Dayak Sub Suku Undau Sekaligus Tancapkan Tiang Pembangunan Betang Adat

“Saya menginginkan agar kawasan Danau Jemelak dapat didesain lagi sesuai dengan yang telah disepakati. Agar dapat dikembangkan ke depannya untuk menarik wisatawan, mengingat tempat wisata ini tidak jauh dari pusat kota Sintang. Saya mengajak masyarakat Kelurahan Akcaya ini untuk menjaga kawasan wisata Jemelak ini dengan baik. Mari kita lestarikan Danau Jemelak ini. Saya juga berharap kegiatan Jemelak Expo ini dapat dijadikan agenda rutin setiap tahunnya,” harap Askiman.

Sementara Ketua Panitia Jemelak Expo 2019, Larry Hans Didink menyampaikan bahwa digelarnya Jemelak Expo ini dalam rangka ingin menunjukan bahwa Kabupaten Sintang memiliki satu kawasan yang menarik untuk dikembangkan dan dikunjungi.

Baca Juga :  Dialogis di Kecamatan Air Upas, Midji-Norsan Disambut Dengan Budaya Dayak

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 23-27 Oktober 2019. Kami mengundang seluruh masyarakat untuk mengunjungi arena Jemelak Expo 2019 ini. Kedatangan masyarakat akan kami hibur dengan banyak perlombaan dan kegiatan. Karena tanpa kehadiran masyarakat, kegiatan ini juga tidak akan berjalan dengan lancar dan sukses,” tukas Larry.

Kegiatan perdana ini, ditegaskannya, akan dimanfaatkan pihaknya untuk memamerkan capaian pembangunan serta pelestarian lingkungan di kawasan ini. Pihaknya berharap kegiatan ini bisa berdampak langsung pada peningkatan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat, sekaligus bisa membuka peluang investasi serta pelestarian lingkungan di kawasan ini.

“Expo ini diharapkan bisa menjadi momentum peningkatan pembangunan di berbagai bidang. Jemelak Expo ini juga diramaikan dengan stan-stan pameran atau UKM yang dapat dikunjungi oleh masyarakat,” pungkasnya.

Pada kegiatan juga dilakukan penanaman pohon di sekitar kawasan wisata Danau Jemelak dan pelepasan bibit ikan di Danau Jemelak. (*/Sg)

Comment