Giliran SMPN 3 Air Upas Dapat Beasiswa Prestasi Cita Mineral Investindo

KalbarOnline, Ketapang – Setalah sebelumnya memberikan beasiswa prestasi kepada pelajar SMP Negeri 4 Kecamatan Marau, kini giliran SMPN 3 Kecamatan Air Upas mendapatkan program beasiswa berprestasi dari PT Citra Mineral Investindo Tbk (CITA), Kamis (24/10/2019).

Penyerahan beasiswa murid berprestasi tesebut merupakan upaya meningkatkan semangat belajar para pelajar serta meningkatkan sumber daya manusia dalam dunia pendidikan oleh PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) melalui Departemen Corporate Social Responsibility (CSR).

Turut hadir dalam pemberian Beasiswa murid berprestasi tersebut Pj. Kades Sukaria, Muslihad serta guru-guru SMPN 3 Air Upas. Pemberian beasiswa murid berprestasi ini tidak jauh berbeda dengan konsep yang sebelumnya yaitu beasiswa prestasinya dalam bentuk uang tunai yang akan direalisasikan dalam dua tahap yaitu tahap pertama (semester I), tahap kedua (semester II) yang nantinya akan ditransfer via rekening di setiap akhir semester setelah menerima data siswa-siswi yang mendapatkan peringkat I, II, III dari Kepala SMPN 3 Air Upas.

Adapun rincian penyaluran beasiswa prestasi di setiap semesternya yakni bagi pelajar kelas VII yang mendapatkan peringkat I akan memperoleh beasiswa sebesar Rp1.200.000, peringkat II sebesar Rp600.000 dan peringkat III sebesar Rp300.000.

Baca Juga :  TMMD 112 Kodim 1203 Ketapang Resmi Ditutup

Sementara bagi pelajar kelas VIII yang mendapatkan peringkat I akan memperoleh beasiswa sebesar Rp1.500.000, peringkat II sebesar Rp900.000 dan peringkat III sebesar Rp600.000. Sedangkan bagi pelajar kelas IX yang mendapatkan peringkat I akan memperoleh beasiswa sebesar Rp1.800.000, peringkat II sebesar Rp1.200.000 dan peringkat III sebesar Rp900.000.

Superitendent CSR Departemen CMI, Okky Adhip kembali mengingatkan kepada para siswa-siswi yang mendapatkan beasiswa berprestasi nantinya agar hati-hati dalam menggunakan beasiswa tersebut karena realisasinya dalam bentuk uang tunai, mengingat nominalnya yang lumayan besar.

Menurutnya beasiswa tersebut merupakan bentuk tanggung jawab sosial dari perusahaan khususnya dalam dunia pendidikan dan merupakan upaya dari perusahaan untuk memacu semangat para pelajar agar lebih giat lagi dalam belajar.

“Sebelumnya program ini telah kita luncurkan di Kecamatan Marau, sekarang kita ingin program ini harus turut dirasakan di Kecamatan Air Upas khususnya di SMPN 3 ini. Harapan kita tentunya ini akan memacu semangat belajar para siswa-siswi untuk berlomba-lomba dalam menggapai prestasi tentunya semua pelajar memiliki hak ini, soal realisasinya sama seperti sebelum-belumnya akan kita berikan dua tahap yaitu semester satu dan semester dua yang nanti ditransfer via rekening di akhir semester setelah kita terima data siswa-siswi yang mendapatkan peringkat I, II dan III. Karena ini nominalnya lumayan besar jadi perlu kami ingatkan hati-hati dalam penggunaannya tentunya fokusnya untuk kebutuhan dan keperluan dalam penunjang belajarnya mereka,” tukasnya.

Baca Juga :  Dinas Pertanian Ketapang Siapkan 1.500 Hektar Lahan Untuk Budidaya Jagung Hibrida

Sementara Kepala sekolah SMPN 3 Air Upas, Samsul Haris, S.Pd menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) yang untuk kedua kalinya telah memberikan bantuan kepada SMPN 3 Kecamatan Air Upas.

Menurutnya program CSR dari CMI sudah sangat baik kontribusinya telah merambah ke dunia pendidikan karena fakta lingkungan di Air Upas banyak anak-anak yang miliki prestasi namun terkendala biaya sehingga pendidikannya terputus. Ia berharap, beasiswanya tidak hanya sampai di tingkat sekolah menengah pertama namun juga ke tingkat SMA, bahkan ke jenjang perguruan tinggi. Ia juga meminta PT CMI Tbk ke depannya dapat membantu pihak sekolah untuk membangun sanitasi di sekolah yang dipimpinnya tersebut.

“Kami sangat berterima kasih atas program dari CSR ini yang telah menyentuh ke dunia pendidikan, harapanya tentu pendampingn beasiswa prestasi ini tidak berhenti di tingkat ini saja namun bisa sampai ke SMA bahkan ke tingkat perguruan tinggi. Kemarin kami juga telah membuat pengajuan proposal untuk pembangunan sanitasi semoga terwujud,” pungkasnya. (Goda)

Comment