by

Tim PKK Sekadau Kunjungi Perajin Gula Aren di Desa Semabi

KalbarOnline, Sekadau – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau yang juga merupakan istri Bupati Sekadau, Ny. Kristina Rupinus mengunjungi perajin gula aren di Desa Semabi, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Rabu (23/10/2019).

Tak hanya sendiri, Kristina turut didampingi istri Wakil Bupati Sekadau Ny. Vixtima Heri Supriyanti Aloysius selaku Wakil Ketua PKK Sekadau bersama rombongan PKK Sekadau lainnya. Rombongan PKK ini beranjak menuju desa yang berada di seberang Sungai Kapuas itu menggunakan perahu klotok dan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan roda dua menuju Desa Semabi.

Meski melalui jalanan yang masih berstruktur tanah kuning dan berlumpur, tak menyurutkan semangat mereka menyambangi desa penghasil gula aren kedua di Kabupaten Sekadau itu.

Turut hadir juga dalam kunjungan sekaligus pembinaan itu, pihak Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten dan Dinas Pertanian Sekadau.

“Ini kunjungan sekaligus pembinaan terhadap perajin gula aren di Desa Semabi ini. Tadi ada acara di desanya sebentar untuk perkenalan, lalu mengunjungi tempat pengolahan dan sekarang langsung melihat pohon dan cara pengambilan air arennya,” jelas Kristina.

Ia pun berharap dengan status gula aren dari Kabupaten Sekadau yang saat ini sudah cukup dikenal masyarakat dapat lebih berinovasi.

Tak hanya itu, menurutnya Desa Semabi juga sangat berpotensi di bidang pertanian. Terbukti dengan status Desa Semabi yang juga menjadi satu di antara lumbung padi di Kabupaten Sekadau terutama untuk beras hitam dan beras merah.

Desa Semabi juga merupakan desa penghasil buah durian yang terkenal di Kabupaten Sekadau. Tak hanya itu, Desa Semabi juga memiliki perajin anyaman dari rotan dan bambu.

“Mudah-mudahan nanti ke depan kami dapat membagi waktu untuk pembinaan ke Desa Semabi ini. Untuk program, setiap tahun dari seluruh desa di Kabupaten Sekadau selalu dipanggil ke kabupaten untuk mengikuti program PKK dan mereka sudah bisa menerapkan itu. Hanya untuk administrasinya yang perlu kita bantu,” tutupnya.

Seluruh rangkaian kunjungan pun diakhiri dengan makan bersama warga Desa Semabi di kantor Desa Semabi. (Mus)

Comment

News Feed