Optimalkan Program Salju, Bupati Muda Bagikan Bantuan Motor

KalbarOnline, Kubu Raya – Sebanyak 20 puskesmas di Kabupaten Kubu Raya menerima bantuan motor operasional untuk menunjang program Salju (Selasa-Jumat) Terpadu. Penyerahan motor dilakukan langsung Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan seusai memimpin apel pagi di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Senin (21/10/2019).

Bantuan motor diterima enam puskesmas yang mewakili, yakni Puskesmas Sungai Kerawang, Puskesmas Sungai Kakap, Puskesmas Kubu, Puskesmas Kopri, Puskesmas, Sungai Asam dan Puskesmas Rasau Jaya.

Bupati Muda menjelaskan, Salju Terpadu adalah program untuk mengoptimalkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di bidang kesehatan. Yakni dengan kunjungan petugas kesehatan ke rumah-rumah warga.

Baca Juga :  Rusman Ali Klaim Banyak Desa di Kubu Raya Berpotensi Jadi Desa Mandiri

Ia menerangkan, Salju adalah akronim dari Selasa dan Jumat, di mana pada hari-hari tersebut dilakukan pelayanan kesehatan dengan sistem jemput bola. Pada hari Selasa dilakukan pelayanan kesehatan keluarga. Seperti pemeriksaan ibu hamil, balita, imunisasi, pemberian vitamin, KB, kandungan dan persalinan. Adapun di hari Jumat, diberikan pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan penyakit menular dan tidak menular.

“Ini (bantuan motor) sebetulnya untuk memperlancar. Prinsipnya adalah bagaimana supaya program Salju ini bisa berjalan maksimal sesuai harapan,” ujarnya.

Baca Juga :  Kubu Raya-Pontianak Jalin Kerjasama Pelayanan Publik

Muda menuturkan, untuk mengejar target Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan 12 indikator bidang kesehatan, Pemerintah daerah harus aktif. Salah satunya dengan melakukan pelayanan kunjungan ke rumah-rumah warga.

“Melalui kunjungan ini ada langkah-langkah untuk bisa mengurangi dampak-dampak dan angka-angka negatif. Misalnya stunting, gizi, kesehatan ibu dan anak, dan sebagainya. Termasuk juga penyakit menular dan tidak menular,” tuturnya.

Muda menerangkan, program Salju juga diharapkan dapat membangun partisipasi masyarakat lebih cepat. Dengan adanya gerakan proaktif jemput bola dari petugas kesehatan, diharapkan masyarakat akan bergerak bersama-sama tenaga kesehatan tersebut. (ian)

Comment