Dinkes Kubu Raya Ajak Puskesmas Jaga Mutu Pelayanan

KalbarOnline, Kubu Raya – Dinas Kesehatan Kubu Raya mengajak seluruh puskesmas di setiap kecamatan agar menjaga mutu pelayanan. Hal tersebut dikatakan Plt Kadis Kesehatan Kubu Raya, Marijan saat ditemui usai mendampingi Tim Surveyor Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan RI saat melakukan penilian re-akreditasi Puskesmas Sungai Durian Kecamatan Sungai Raya, Kamis (17/10/2019) kemarin.

“Dalam FKTP ada bidang yang memang khusus menilai mutu pelayanan. Mereka juga ada kelompok kerja (Pokja) satu, dua, dan tiga. Dipokja satu menjaga tentang kelengkapan administrasi, alur, SOP yang memang harus dipatuhi sedangkan di Pokja dua itu soal program yang harus dicapai oleh puskesmas itu sendiri,” ungkapnya.

Kemudian lanjut dia, Pokja UKP yang menangani soal pemeriksaan, pelayanan, yang mesti dijaga oleh puskesmas itu sendiri.

Baca Juga :  Wilmar Sediakan Minyak Goreng Murah di Operasi Pasar Kubu Raya

“Akreditasi ini bagaimana kita menjaga mutu bukan hanya pada saat penilaian saja tetapi selama puskesmas itu melayani masyarakat mutu itu harus dijaga,” tegasnya.

Baca Juga :  Optimalkan Potensi Desa, Rusman Ali : Harus Jeli

Dirinya menjelaskan, saat ini ada empat puskesmas yang mengikuti re-akreditasi di Kubu Raya. Puskesmas Sungai Kakap, Sungai Raya Dalam, Sungai Durian dan Lingga. Selain itu kata Marijan, puskesmas terletak di daerah pesisir juga telah dipersiapkan.

“Walaupun daerah pesisir terpisahkan oleh sungai namun transportasi itu bukan hambatan. Yang harus berubah itu kita, contohnya daerah Radak walaupun termasuk daerah pesisir tetapi terakreditasi dengan peringkat Utama,” tandasnya. (ian)

Comment