Disperindag Sekadau Prioritaskan Masalah Pemasaran Gula Aren

Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sekadau, Hironimus saat diwawancarai awak media terkait persoalan gula aren di Sekadau
Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sekadau, Hironimus saat diwawancarai awak media terkait persoalan gula aren di Sekadau (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Kepa Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sekadau, Hironimus menegaskan bahwa permasalahan mengenai produksi dan pemasaran gula aren di Desa Semabi merupakan prioritas pihaknya.

Hal ini disampaikan Hironimus saat diwawancarai awak media menyikapi persoalan yang dihadapi BUMDes Desa Semabi mengenai pemasaran produk hasil UKM desa tersebut, Selasa (15/10/2019).

Hironimus mengatakan, pihaknya akan melaksanakan pembinaan terhadap pembuat gula maupun produk UKM lainnya dan mengupayakan hal-hal terkait dengan perizinan untuk pemasaran produk lokal.

“Nantinya kami akan membuat suatu tempat khusus untuk menjual berbagai produk hasil UKM yang ada di Kabupaten Sekadau. Namun proses ini memerlukan waktu yang panjang dan cukup rumit,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, kata dia, pihaknya juga melakukan kunjungan khusus ke Desa Semabi sebagai bentuk keseriusan Pemkab dalam menyikapi permasalahan tersebut.

Selain itu, ia juga menyampaikan kurangnya tenaga pembuat gula aren di Desa Semabi yang menjadi kendala lainnya dalam proses pengembangan industri lokal tersebut. Kurangnya tenaga pembuat gula aren, dikhawatirkannya menjadi kendala ketika nantinya permintaan gula aren meningkat.

“Pembuatan gula aren ini tidak sembarang orang bisa. Kebanyakan itu orang tua, anak muda jaman sekarang sangat jarang ada yang bisa membuat gula aren ini. Kekhawatiran kita adalah ketika nantinya penerus dari pembuat gula aren ini tidak ada, sedangkan permintaan pasar itu besar,” tukasnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap dalam waktu dekat permasalahan pemasaran dan tenaga pembuat gula aren ini dapat segera terselesaikan. (Mus)

Tinggalkan Komentar