Monitoring Pelaksanaan Pilkades 2019, Wabup Aloy Pastikan Berjalan Lancar

KalbarOnline, Sekadau – Wakil Bupati Sekadau, Aloysius melakukan monitoring pelaksanaan pemilihan kepala desa di Kabupaten Sekadau 2019 yang sudah memasuki tahapan pencoblosan. Wabup Aloy mengawali monitoringnya mulai dari Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Desa Bokak Sebumbun, Sekadau Hilir, Desa Sungai Ayak 2, Kecamatan Belitang Hilir dan kemudian ke Desa Tapang Pulau, Kecamatan Belitang Hilir.

Wabup Aloy mengatakan, semua desa yang melaksanakan Pilkades yang dimonitoring olehnya berjalan dengan aman dan tidak ada kendala apapun. Bahkan, sampai saat terakhir dirinya monitoring, pemilih yang datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya sudah mencapai 70-80 persen.

“Kita melihat dari beberapa TPS yang sudah saya kunjungi mulai dari TPS 09 dan TPS 10 Desa Mungguk, TPS 01 Dusun Bokak, Desa Bokak Sebumbun, TPS 01 Desa Sungai Ayak 2, TPS 02 Desa Tapang Pulau dan TPS 03 Desa Tapang Pulau, Kecamatan Belitang Hilir semua berjalan dengan baik, antusias pemilih juga sangat luar biasa. Mudah-mudahan partisipasi pemilih bisa di atas 70-80 persen pemilih,” ujarnya saat diwawancarai usai monitoring, Kamis (3/10/2019).

Baca Juga :  Wakili Sekadau di Lomba Desa Tingkat Provinsi, Bupati Harap Selalong Jadi Pemenang

Berkaitan dengan hak pilih, Wabup Aloy menjelaskan, walaupun tidak terdaftar di DPT tapi tetap bisa ikut memilih dengan menggunakan KTP dan KK, dengan catatan yang bersangkutan berdomisili di wilayah desa/dusun tempat TPS berada.

Baca Juga :  Redam Keresahan Warga, Polres Sekadau Amankan 40 Anak Punk

Orang nomor dua di Bumi Lawang Kuari ini juga mengatakan, setiap pemilihan pasti ada persaingan. Untuk itu ia berpesan agar bagi yang kalah diharapkan untuk tetap legowo dan tetap bisa memberikan masukan yang baik kepada masyarakat. Bagi yang menang, lanjut dia, juga jangan terlalu berbangga diri. Karena bagaimanapun kerjasamanya dengan masyarakat sangat diperlukan.

“Kepada yang menang, supaya tetap harus merangkul yang kalah. Bagaimanapun, pendapat-pendapat dari yang kalah untuk membangun desa secara bersama juga sangat penting,” pesannya.

Turut hadir mendampingi Wabup, Wakapolres Sekadau, Sekcam Belitang Hilir, Kapolsek dan Danramil. (Mus)

Comment