Harap Sinergitas Pemprov-DPRD Terus Ditingkatkan

Hadiri Pelantikan DPRD Kalbar Periode 2019-2024

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 65 orang anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat periode 2019-2024 resmi dilantik. Pelantikan itu digelar dalam rapat paripurna DPRD Kalbar dalam rangka pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Provinsi Kalbar periode 2019-2024 yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Barat yang dilangsungkan di ruang Balairungsari Kantor DPRD Kalbar, Senin (30/9/2019).

Dari jumlah tersebut, sebagian tampak wajah-wajah baru yang mengisi kursi legislatif dan sebagian lainnya masih merupakan wajah lama.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji yang hadir pada kesempatan itu mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD Kalbar yang baru dilantik. Tak lupa, Midji turut mengucapkan terima kasih kepada para anggota DPRD Kalbar periode 2014-2019 atas dedikasi dan pengabdiannya bagi Kalbar selama ini.

“Saya ucapkan selamat kepada dewan terpilih yang baru dilantik. Terima kasih juga kepada anggota DPRD periode 2014-2019,” ujarnya saat diwawancarai.

Baca Juga :  Animo Warga Membludak, Disdukcapil Buka Lagi Pelayanan di CFD

Ia berharap, sinergitas antara Pemerintah Provinsi dan DPRD dalam membangun Kalbar terus ditingkatkan.

“Karena, merujuk pada pidato Mendagri ternyata program yang selama ini kita jalankan yaitu desa mandiri menjadi salah satu fokus pidato Mendagri. Itu sudah kita jalankan. Bahkan APBD 2020 yang sudah kita susun itu berdasarkan pokok pikiran dewan yang diarahkan ke capaian indeks desa membangun (desa mandiri),” tukasnya.

“Itu (desa mandiri) salah satunya. Di mana selama ini belum dipahami sebagian orang mengapa program kita desa mandiri. Ternyata, Mendagri dalam pidatonya menyinggung soal itu, artinya program kita sudah sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat,” timpalnya.

Orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini juga berharap ke depannya ada efesiensi dan efektifitas dalam program yang disusun bersama antara Pemprov dan DPRD.

Baca Juga :  Buka Seminar dan Pekan Pembina Rohani, Bupati Harap Nilai Religius Selalu Diterapkan di Kehidupan Sehari-hari

“Saya juga berharap ke depan semuanya lebih taat aturan dan lebih mengedepankan sekaligus memperhatikan kebutuhan masyarakat di akar rumput,” tandasnya.

Senada dengan Sutarmidji, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan juga berharap sinergitas antara Pemprov dan DPRD Kalbar dapat lebih ditingkatkan demi pembangunan Kalbar yang lebih baik.

“Terutama dalam pembuatan Peraturan Daerah, harus mengakomodir apa yang menjadi aspirasi masyarakat Kalbar,” ujarnya.

Dirinya mengaku optimis, kordinasi dan sinergitas antara eksekutif dan legislatif akan jauh lebih baik ke depannya, meskipun anggota DPRD Kalbar periode 2019-2024 ini hampir 60 persen diisi oleh wajah-wajah baru.

“Saya rasa tidak masalah. Justru dengan ada tenaga-tenaga baru yang lebih enerjik lebih bagus. Termasuk dengan terpilihnha para legislator muda, justru akan menambah suasana baru bagi demokrasi kita dan diharapkan mereka dapat menampung aspirasi anak-anak muda Kalbar,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar, Bupati Mempawah, para pejabat Forkopimda Kalbar serta para tamu undangan lainnya. (Fai)

Comment