Hadiri Rakorwasdanas, Wabup Sujiwo Ingatkan Peran Inspektorat

KalbarOnline, Kubu Raya – Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus memaksimalkan fungsi inspektorat daerah sebagai unsur pengawas pemerintahan daerah.

Hal tersebut diutarakannya usai menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional (Rakorwasdanas) tahun 2019 di Kota Solo, Jawa Tengah, belum lama ini.

“Rakor ini tujuan utamanya adalah bagaimana pemerintah daerah memaksimalkan fungsi dan tugas Inspektorat membantu Bupati melakukan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan urusan pemerintahan dan tugas pembantuan perangkat daerah,” tuturnya usai rakor.

Sujiwo menilai banyak pesan penting yang didapat dari kegiatan yang diikuti seluruh wakil kepala daerah, Inspektorat dan Bappeda se-Indonesia itu. Di antaranya bagaimana pimpinan daerah harus membangun komunikasi dan mendukung kinerja Inspektorat daerah.

“Sehingga pengelolaan keuangan daerah itu bisa diminimalkan dari tindak pidana korupsi, penyelewengan, pungli dan sebagainya. Yang tujuannya adalah melaksanakan pemerintahan yang bersih,” tukasnya.

Orang nomor dua di Kubu Raya ini pun mengapresiasi pesan dari Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK yang mengajak semua pihak melakukan upaya mencegah dan mendeteksi dini tindak pidana korupsi, sehingga tidak perlu terjadi penindakan.

“Imbauan KPK pada rakor ini sangat luar biasa. Pencegahan dan deteksi dini supaya tidak terjadi penindakan. Nah, jadi dalam konteks pencegahan ini, dari pihak KPK akan terus memonitor dan memberikan bimbingan serta masukan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia,” tandasnya. (ian)

Tinggalkan Komentar