Peduli Kabut Asap, Ikatan Alumni SMP Negeri 2 Pontianak Bagikan Masker Gratis

KalbarOnline, Pontianak – Kondisiudara yang tercemari kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kalimantan Barat telah masuk dalam tahap berbahaya. Ditambah dengan jatuhnya korban akibat penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), situasi seluruh kota dan kabupaten se-Kalbar kini berada di titik rawan.

Berdasarkan Surat Edaran Walikota Pontianak Nomor: 360/16/Umum/2019 tentang imbauan mengatasi dampak kemarau panjang dan kondisi udara yang buruk disebabkan asap, Ikatan Alumni SMP Negeri 2 Pontianak turut serta dalam melaksanakan imbauan tersebut.

Adapun bentuk partisipasi Ikatan Alumni SMP Negeri 2 Kota Pontianak yakni menggelar aksi peduli pembagian masker gratis.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu pada Kamis 19 September di Bundaran Kota Baru pukul 6.30 – 08.00 dan Jumat 20 September di simpang empat lampu merah Jalan Sutan Abdurahman depan kantor pajak pukul 6.30 – 08.00. Bentuknya adalah pembagian masker gratis kepada pengguna jalan,” ujar Israhman selaku koordinator aksi.

Baca Juga :  Dikepung Asap Karhutla, Kualitas Udara di Ketapang Tidak Sehat

Mengenai lokasi yang akan dijadikan tempat pembagian masker, Israhman menyatakan bahwa lokasi itu adalah simpang empat Jalan Sutan Abdurahman dekat kantor pajak dan Bundaran Kota Baru target panitia pembagian masker gratis sebanyak 10 ribu masker yang dibagikan ke masyarakat.

“Kami akan mengadakan pembagian masker di dua titik itu. Kami memilih di sana karena kedua lokasi itu cukup strategis. Banyak orang yang lalu lalang di sana sehingga mudah untuk membagikan masker,” tukasnya.

Ia mengungkapkan, motivasi pihaknya dalam aksi tersebut yakni ingin berbagi dalam rangka mencegah jatuhnya korban akibat kabut asap dan agar masyarakat Kota Pontianak tidak menderita ISPA dan berharap kabut asap yang melanda serta menyelimuti Kalbar khusus Kota Pontianak dapat teratasi dengan cepat dan berdoa dalam beberapa hari ini akan turun hujan.

Baca Juga :  Kualitas Udara Hampir Tidak Sehat, Ternyata Ada 540 Titik Panas di Kalbar

“Selama ini banyak berita yang menginformasikan tentang jatuhnya korban akibat gangguan pernafasan karena kabut asap ini. Mudah-mudahan, dengan pembagian masker ini dapat membantu masyarakat untuk menjaga diri mereka dari berbagai penyakit saluran pernafasan,” tuturnya.

Pelaksanaan pembagian masker gratis yang dilakukan oleh Ikatan Alumni SMP negeri 2 Pontianak tidak terlepas dari partisipasi alumni dan Dewan Guru SMP Negeri 2 yang telah membantu suksesnya kegiatan ini.

Pihaknya turut mengucapkan terima kasih kepada para pengurus ikatan Alumni SMP Negeri 2 Pontianak yang telah menyempatkan waktunya dalam pembagian masker gratis, terutama kepada Ketua Umum IKA SMP 2 Pontianak, Abdul Hadi yang telah banyak memberikan support dan arahan kepada panitia sehingga terlaksananya kegiatan ini dengan lancar. (Fai)

Comment