Tinjau Lokasi Karhutla di Ketapang, Danrem 121/ABW Turun Langsung Padamkan Api

KalbarOnline, Ketapang – Danrem 121/ABW, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi meninjau langsung lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di poros jalan Pelang-Tumbang Titi tepatnya di Desa Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, Kamis (19/9/2019).

Dalam peninjauanya, Danrem 121/ABW, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi didampingi Dandim 1203/Ketapang, Letkol Kav Jami’an, Kapolres Ketapang, AKBP Yury Nurhidayat, Kepala Manggala Agni Ketapang, Rudi Windra Darisman, Kepala BPBD Ketapang, Yunifar Purwantoro, Camat Matan Hilir Selatan, Drs. Asdewi dan Kepala Damkar Pemda Ketapang, H.Mar’I serta perwakilan dari Badan Pemadam Api Suprapto.

Baca Juga :  Camat Muara Pawan Harap Danau Penyengat Jadi Ikon Ekowisata

Dalam kesempatan itu Danrem yang turun langsung ikut melakukan pemadaman lahan yang terbakar bersama dengan Satgas Karhutla juga memberikan motivasi kepada seluruh personil Satgas Karhutla agar tetap semangat dalam bertugas.

“Kedatangan saya ke sini ingin melihat langsung kondisi di lapangan. Sekilas saya lihat, seluruh unsur yang ada mereka sangat sinergis sama sama berjibaku menangani Karhutla yang ada,” katanya, Kamis (19/9/2019).

Danrem menduga karhutla yang terjadi di sebagian wilayah ini ada unsur sengaja dibakar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat agar ikut menjaga dan mengawasi supaya kejadian ini tidak berulang setiap tahunnya.

Baca Juga :  Satpol-PP Ketapang Beri Deadline Enam Hari ke Pemilik Tersus Ilegal Tuntaskan Bongkar Muat

“Sayang sekali kan jika sumber daya kita tiap tahun terkuras ratusan miliar mungkin, hanya untuk menangani masalah ini. Kalau itu dialihkan untuk kesejahteraan masyarakat kan lebih bagus,” ungkapnya.

Dirinya juga meminta kepada seluruh satgas pemadam api agar terus meningkatkan kewaspadaan serta mengoptimalisasi pemadaman api baik darat maupun udara. Serta ia juga mengapresiasi semua pihak yang telah turut membantu melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

“Saya mengapresiasi sinergiritas TNI-Polri dan stakeholder lainya yang tergabung dalam Operasi Karhutla Kabupaten Ketapang telah berjibaku bersama berupaya maksimal, untuk memadamkan titik api,” tandasnya. (Adi LC)

Comment