Warga Nanga Taman Laksanakan Sholat Istisqa Memohon Hujan

KalbarOnline, Sekadau – Polsek Nanga Taman bekerjasama dengan pengurus Masjid Besar Al-Muttahidin Kecamatan Nanga Taman menggelar Sholat Istisqa untuk memohon turunnya hujan di tengah bencana kemarau sekaligus kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang menyelimuti Kalimantan Barat khususnya Sekadau yang dilangsungkan di halaman Kantor Camat Nanga Taman, Rabu (18/9/2019) siang kemarin.

Sholat yang dipimpin Kepala KUA Nanga Taman, Rukhiat, S.Ag ini turut dihadiri Kapolsek Nanga Taman, Ipda Didik Darman Putra, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta ratusan umat muslim Nanga Taman dan sekitarnya. Adapun Khotib dalam sholat istisqa, Ustadz Muhammdi dan sebagai Bilal yakni Dedi Purnama.

“Tujuan digelarnya sholat istisqa ini adalah memohon kepada Allah agar diturunkan hujan di wilayah Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau dan Kalimantan Barat umumnya,” kata Kapolsek.

Bukan tanpa alasan sholat istisqa digelar. Kondisi udara yang kian buruk akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menimbulkan kabut asap semakin menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat.

Karhutla juga sukar dipadamkan karena suhu yang panas dan tidak ada turun hujan. Sementara lahan yang terbakar mayoritas tanah gambut.

Kapolsek menerangkan, permohonan dan doa dipanjatkan dengan harapan agar cuaca kembali bersahabat dan hujan turun, sehingga dapat meminimalisir jumlah titik api yang menimbulkan kabut asap. Sehingga masyarakat dapat kembali menghirup udara segar yang sehat dan bisa kembali beraktivitas seperi keadaan normal.

“Kita berharap, selain usaha pemadaman yang sedang dilakukan di lapangan dan langkah pencegahan lainnya, juga dengan berdoa bersama. Harapannya, agar Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau dan Kalimantan Barat pada umumnya segera diberikan hujan agar bisa memudahkan kinerja satgas di lapangan,” tandasnya. (Mus)

Tinggalkan Komentar