Kabut Asap, Pemkab Sekadau Sediakan Pos Tanggap Darurat

Bupati Sekadau, Rupinus saat melaunching pos tanggap darurat kabut asap
Bupati Sekadau, Rupinus saat melaunching pos tanggap darurat kabut asap (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau melaunching pos tanggap darurat kabut asap atau layanan kesehatan darurat dalam mengantisipasi penyakit yang disebabkan oleh kabut asap.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengatakan, dalam mengantisipasi dan membantu masyarakat akibat bahaya kabut asap, Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau menyediakan pos tanggap darurat kabut asap atau layanan kesehatan darurat. Pada Pos tanggap darurat kabut asap ini disediakan, petugas kesehatan, pemeriksaan kadar oksigen dalam darah, oksigen murni dan obat-obatan untuk mengantisipasi gawat darurat yang diakibatkan oleh kabut asap.

“Mengingat, akibat dari kabut asap ini di manapun bisa terjadi dan serangannya bisa mendadak dalam waktu yang tidak begitu lama akibatnya bisa bahaya bahkan sampai kematian,” jelasnya saat launching pos tanggap darurat kabut asap, Rabu (18/9/2019) kemarin.

Ia mengatakan, pada pos tanggap darurat kabut asap ini sifatnya emergency atau pertolongan pertama. Apabila tidak mampu ditangani disini maka akan dirujuk ke RSUD Sekadau.

“Karena kami sudah bekerjasama dan mobil ambulan dengan petugas kesehatan sudah standby,” terangnya.

“Kami juga sudah memerintahkan kepada semua Puskesmas di Kabupaten Sekadau supaya melakukan hal yang serupa,” timpalnya.

Sementara Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan, dilaunchingnya pos tanggap darurat tersebut merupakan inisiatif pihaknya.

“Ada atau tidak ada imbauan, Pemkab Sekadau tetap menyediakan pos tanggap darurat kabut asap yang melibatkan sumber daya yang ada, karena kabut asap sudah semakin tebal dan semakin berbahaya,” jelasnya.

“Kepada Puskesmas yang ada di Kabupaten Sekadau juga sudah kita imbau supaya melakukan hal yang sama. Kita upayakan, kita maksimalkan apa yang bisa dilakukan. Dengan doapun boleh dilakukan supaya turun hujan,” imbaunya.

Orang nomor wahid di Bumi Lawang Kuari ini juga meminta kepada dinas terkait supaya membuat surat kepada pengurus gereja, masjid supaya mendoakan agar turun hujan. Hal yang sederhana juga harus dilakukan seperti bagi-bagi masker kepada masyarakat.

“Kepada teman-teman wartawan, sampaikan kepada masyarakat bahwa sudah ada pos tanggap darurat kabut asap yang terletak di pos BPBD atau depan tugu PKK jalan Merdeka Timur Sekadau,” kata dia.

“Saya minta kepada dinas terkait supaya mengimbau kepada masyarakat agar jangan melakukan pembakaran apapun bentuknya. Kalau bisa dalam situasi seperti ini, tahan dulu, karena membakar sedikit saja sudah berakibat fatal,” pesannya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, agar tidak keluar rumah jika tidak ada urusan penting.

“Kalapun harus keluar rumah supaya menggunakan masker. Bagi pengguna kendaraan supaya berhati-hati apalagi pada pagi hari jarak pandang hanya beberapa meter saja,” pungkasnya. (Mus)

Tinggalkan Komentar