Desa Punggur Kecil Menuju Desa Mandiri

Kolaboraksi pemuda desa pemuda Desa Punggur Kecil mandiri

KalbarOnline, Kubu Raya – Sekretaris daerah Kubu Raya, Yusran Anizam mengapresiasi kegiatan kolaboraksi pemuda Desa Punggur Kecil mandiri yang diinisiasi KNPI Kalbar, Bank Kalbar, beserta Pemerintah Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya dan masyarakat setempat. Yusran menyatakan, dengan digelarnya sejumlah rangkaian kegiatan tersebut, menumbuhkan gagasan serta ide-ide kreatif dan inovatif.

“Dari acara ini tumbuh ide-ide dan semangat yang luar biasa. Dengan adanya pesta buah tadi, telah memasyarakatkan komoditi-komoditi unggulan yang ada di sini. Kemudian juga, menebar 1.000 bibit ikan nila di Sungai Bemban yang juga bisa menghidupkan kesejahteraan bagi masyarakat setempat karena bibit yang dilepas mempunyai nilai ekonomis tinggi,” ucap Yusran Anizam ditemui setelah penandatangan prastasi bersama tokoh masyarakat Desa Punggur Kecil untuk menjaga, merawat dan melindungi biota air di Sungai Bemban, Sabtu (7/9/2019).

Dirinya berkeyakinan, dengan rangkaian kegiatan dalam agenda kolaboraksi pemuda Desa Punggur Kecil mandiri ini, unsur-unsur dari bidang kesehatan masyarakat, perekonomian masyarakat, masalah lingkungan hidup merupakan proses untuk menuju desa mandiri.

“Di mana Desa Punggur Kecil ini sisa satu tahap lagi menuju desa mandiri. Insya Allah tahun ini bisa menjadi desa mandiri,” terangnya.

Yusran juga memuji multiplier efek khususnya di Desa Punggur Kecil yang dapat merawat peradaban khususnya peradaban berbasis agro dengan pola-pola yang telah diterapkan untuk dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.

“Seperti yang telah dicanangkan oleh Bapak Bupati, kita merawat peradaban di sini dengan pola-pola seperti ini Insya Allah, di saat anak cucu kita menghadapi era bonus demografi yang puncaknya di tahun 2030 mendatang, akan bisa eksis bersaing,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pelopor kegiatan tersebut Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Kalimantan Barat, Erry Iriansyah menyatakan dukungannya terhadap aksi para pemuda untuk bersama-sama mewujudkan desa mandiri.

“Saya mengajak seluruh pemuda khususnya di Kecamatan Sungai Kakap maupun yang berada di wilayah kecamatan lainnya. Ayo, kita bersama-sama melakukan aksi untuk memajukan desa menjadi desa mandiri,” ajak Erry Iriansyah kepada seluruh pemuda di Kubu Raya.

Di kesempatan yang sama, Camat Sungai Kakap, Rusdeti meminta pihak desa khususnya Desa Punggur Kecil Sungai Kakap dapat mempersiapkan sumber daya manusia dalam pengelolaan BUMDes terlebih dalam hal peningkatan PADes.

“Kemarin saya sudah berkunjung ke BUMDes Punggur Kecil, memang sedang mempersiapkan sumber daya manusianya. Mungkin beberapa faktor pendukung telah siap. Namun karena ini terkait dengan pengelolaan dana harus benar-benar dipersiapkan para pengurus BUMDes,” ucapnya.

Dikatakannya, pihak pemerintah Desa Punggur Kecil harus mempersiapkan secara maksimal sumber daya manusia dalam hal pengelolaan pendapatan desa, maupun dalam memahami regulasi-regulasi yang ada.

“Kemarin saya sudah bicara Kadesnya, yang katanya telah mempersiapkan para kader-kadernya,” pungkasnya.

Belum optimalnya dalam pengurusan BUMDes, diakui Kepala Desa Punggur Kecil, Adi Kusuma Jaya mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan para pengurus BUMDes.

“Kenapa lama, karena memang kita mau menyiapkan para kader yang benar-benar bisa membawa BUMDes ini bisa berkembang serta aman. Karena BUMDes bertugas mengelola uang, jadi yang dicari kader yang berkompeten. Insya Allah tahun ini telah terbentuk,” terang Adi.

Lebih jauh Adi Kusuma Jaya menerangkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan wisata buah untuk masyarakat lokal maupun luar. Desa Punggur Kecil yang terkenal dengan komiditi buah tahunan yakni durian dan langsat akan dimeriahkan jenis-jenis buah lain seperti lengkeng, manggis dan sebagainya yang dapat dinikmati masyarakat setiap bulannya. (ian)

Tinggalkan Komentar