Karhutla, 15 Hektar Lahan Terbakar

KalbarOnline, Sekadau – Kebakaran Hutan kembali terjadi di wilayah Kalimantan Barat. Kali ini terjadi di Dusun Seraya, Desa Lubuk Tajau, Kecamatan Nanga Taman, Sekadau, Kamis (5/9/2019). Akibatnya, lahan seluas kurang lebih 15 hektar ludes terbakar.

“Berdasarkan informasi, ada aktifitas membakar lahan sekitar pukul 3 sore lalu ditinggal. Ternyata tengah malam api membesar dan kami mendapat laporan sekitar pukul 5 subuh dan langsung ke lokasi,” ujar Sekretaris BPBD Sekadau, Edy Prasetyo.

Ia mengatakan, api sudah berhasil dipadamkan oleh pihaknya bersama tim yang tergabung dalam Satgas Karhutla.

Baca Juga :  Peduli Bencana, SDIT Ar-Rayyan Galang Dana Untuk Warga Sulteng

“Kami dibantu dari TNI, Polri, pihak kecamatan, Tagana dan Manggala Agni dari Sanggau,” katanya.

Dirinya turut mengimbau kepada masyarakat agar untuk tidak membakar lahan terlebih dahulu, mengingat beberapa hari terakhir, Sekadau belum diguyur hujan. Ia juga meminta agar anak-anak agar masyarakat terutama anak-anak tidak terlalu banyak beraktifitas di luar rumah.

Baca Juga :  Khasiat Siwak Untuk Kesehatan

“Inikan belum ada hujan, jangan membakar dulu, bakar kecil dijaga jangan sampai merembet, belum lagi kebun warga lain terbakar. Kemarau ini kurangi aktifitas membakar, kita bukan melarang tetapi pikirkan dampaknya kalau merembet ini yang sulit. Ke masyarakat, anak kecil khususnya jangan banyak beraktifitas diluar karena partikel asap di Sekadau cukup pekat pagi hari jadi masih kurang baik,” tandasnya. (Mus)

Comment