Hadapi Pilkada 2020, PDIP Ketapang Mulai Jaring Bacalon Kepala Daerah

KalbarOnline, Ketapang – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Ketapang mulai menjaring calon kepala daerah menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 mendatang. Pekan ini pengurus partai moncong putih ini akan mulai membuka pendaftaran dan seleksi calon kepala daerah.

Ketua DPC PDI Perjuangan Ketapang, Kasdi mengatakan, pihaknya akan melaksanakan proses penjaringan pada September 2019 ini. Hal tersebut diungkapkannya saat menggelar jumpa pers dengan sejumlah awak media di kantor sekretariat DPC PDI Perjuangan, jalan KH Mansyur, Kelurahan Tengah, Kecamatan Delta Pawan, Ketapang, Selasa (3/8/2019).

“Pendaftaran dimulai sejak 3 September hingga 17 September dan untuk pengembalian formulirnya paling lama Rabu 18 september 2019,” katanya.

Baca Juga :  Tito Minta Cakada Tanda Tangani Pakta Integritas Protokol Kesehatan

Kasdi menjelaskan, nantinya para pendaftar yang telah melengkapi syarat administrasi dan mengembalikan berkas pendaftaran ke DPC PDI Perjuangan Ketapang akan diserahkan ke DPD Provinsi untuk kemudian diteruskan ke DPP PDI Perjuangan.

“Untuk kemudian akan ada rangakaian tes seperti tes wawancara, fit and proper test, psikotes serta rangkaian tes lainnya. Yang jelas kita berharap banyak pihak mendaftar agar kita bisa menjaring banyak calon pemimpin untuk ke depan yang dapat membawa Ketapang ke arah lebih baik menuju masyarakat adil, makmur dan sejahtera,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, selain membuka pendaftaran ini, pihaknya juga telah melakukan komunikasi politik dengan beberapa partai politik untuk melakukan koalisi mengingat PDIP tidak bisa serta merta mencalonkan diri sendiri lantaran hanya memiliki 7 kursi dan harus berkoalisasi dengan partai lainnya.

Baca Juga :  Siap Maju Pilkada 2020, Jamhuri Kembalikan Formulir ke PDIP

“Untuk waktu pendaftaran sesuai aturan partai dibuka selama dua pekan, hanya saja jika dalam dua pekan tidak didapat minimal 2 kandidat calon maka pendaftaran akan diperpanjang maksimal 1 pekan berikutnya, namun kalau sudah memenuhi syarat minimal maka pendaftaran tetap pada waktu yang telah ditentukan,” jelasnya.

Dirinya juga menegaskan bahwa pendaftaran tersebut terbuka bagi kader PDI Perjuangan yang ingin ikut serta mendaftarkan diri untuk menjadi bakal calon Bupati atau Wakil Bupati Ketapang dari PDI Perjuangan termasuk bagi pengurus fraksi dan DPC.

“Hanya saja untuk anggota fraksi harus mendapatkan izin persetujuan dari DPP. Kalau DPP mengizinkan, silahkan mendaftar, termasuk saya siap kalau mendapat izin dari DPP. Namun yang terpenting bagaimana calon yang diusung memiliki kans untuk menang,” tandasnya. (Adi LC)

Comment