Warga Sungai Kakap Gelar Berbagai Kegiatan Peringati Tahun Baru Islam

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah

KalbarOnline, Kubu Raya – Warga Desa Sungai Kakap menggelar berbagai kegiatan unik dalam perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah di Desa Sungai Kakap. Selain itu, warga Desa Sungai Kakap juga menggelar berbagi perlombaan.

Kepala Desa Sungai Kakap, Hendri Oktavia saat ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan berkumpul di lapangan Sepak Bola tersebut selain dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam, juga merupakan ajang silaturahmi antar warga.

“Sudah dua tahun terahir ini kita mengadakan peringatan 1 Muharram dengan acara yang seperti ini. Artinya memang kita percayakan sepenuhnya pelaksanaan dari hari besar Islam ini kepada pemuda karang taruna, jadi semua ini dikemas dikelola oleh pemuda karang taruna,”jelas dia, Minggu (1/9/2019).

Baca Juga :  Skala Prioritas Musrenbang Dapat Sinergi Dengan Program Dinas

Oleh karena itu, dirinya selaku Kepala Desa dalam kesempatan yang berbahagia itu mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemuda karang taruna yang telah mengondisikan dan mengkordinasikan semua kegiatan dalam perlombaan peringatan 1 Muharram di desanya itu melalui karang taruna.

“Pawai taaruf dan mulai malam ini dilaksanakan perlombaan sampai malam Kamis berbagai macam kegiatan perlombaan seperti tartil, marawis, tilawah, surat surat pendek azan dan sebagainya dan mungkin terahir pawai obor,” terangnya.

Dia berharap dengan peringatan 1 Muharram menjadikan momentum untuk memperbaiki tingkah laku prilaku dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada yang maha kuasa.

Baca Juga :  Tim Gabungan Tertibkan APK Pemilu

“Untuk tahun ini hanya diikuti antar Desa Sungai Kakap. Ke depannya ada wacana untuk dilaksanakan di tingkat kecamatan. Kegiatan ini ada bakti sosial berupa donor darah dari PMI dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pontianak yang juga telah ikut berpartisipasi dalam perayaan peringatan Muharram antar desa kami,” kata dia.

Di tempat yang sama Ketua Karang Taruna, Ramli mengatakan, dari karang taruna ingin menumbuhkan rasa semangat untuk ke generasi seterusnya untuk tidak selalu vakum.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini mereka lebih aktif dalam kegiatan positif. Karena kita liat sekarang banyak kenakalan-kenakalan remaja yang tidak bisa kita cegah secara langsung. Kami berharap tahun depan lebih meriah lagi dan Insya Allah tahun depan kita tambah lagi nominasi-nominasinya,” harapnya. (ian)

Comment