Dekranasda Kubu Raya Komit Jangkau Pelaku UMKM di Setiap Kecamatan

Muda : Manfaatkan pasar digital

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menghadiri Seminar Business Development Service 2019 di Aula Balai Diklat Keuangan Pontianak, Jalan Arteri Supadio, Kabupaten Kubu Raya. Seminar yang digelar itu merupakan upaya bersama membuka peluang dan memperkuat struktur ekonomi masyarakat melalui penambahan dan perluasan sebaran pelaku usaha.

“Ini searah dan sejalan dengan pemikiran Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang juga berupaya melakukan langkah percepatan di sektor Usaha Kecil Mikro Menengah atau UMKM,” kata Bupati Muda, Selasa (28/8/2019).

Orang nomor wahid di Kubu Raya ini menerangkan, seminar tersebut sangat strategis lantaran memberikan pemahaman akan peluang yang ada di Kubu Raya. Termasuk peluang dari sisi geografis dan demografis.

Baca Juga :  Resmi Dilantik Bupati, Juliansyah Tancap Gas Program 100 Hari Pertama

“Geografis di Kubu Raya mempunyai peluang besar, dengan penduduknya yang cukup besar serta pasar yang memiliki peluang yang juga besar. Karena Kubu Raya yang berada di hinterland Kota Pontianak,” terang Muda.

Muda mengatakan, Kabupaten Kubu Raya telah membuat program untuk memperkuat UMKM sebagai langkah pemberdayaan masyarakat di desa-desa. Caranya dengan memanfaatkan pasar digital dan dalam jaringan (online) yang saat ini marak.

“Pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga menunjukkan dan berkomitmen melalui ASN, dengan menjadi public relation atau humas bagi produk UMKM di Kubu Raya,” tambahnya.

Senada dengan Bupati Muda, Ketua Dekranasda Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan turut mengapresiasi seminar tersebut. Menurutnya, kegiatan yang bersifat pembinaan terhadap pelaku UMKM baik produk makanan maupun kerajinan memang sangat diperlukan di Kubu Raya.

Baca Juga :  Pemkab Kubu Raya Salurkan 21 Ekor Bantuan Kurban ke Sembilan Kecamatan

“Dekranasda bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan akan terus berupaya melakukan pembinaan dan membantu pengrajin serta pelaku UMKM untuk dapat memasarkan produknya,” ucap Rosalina.

Rosalina mengungkapkan, dalam membantu para pelaku usaha dalam pemasaran produk, pihaknya baru mampu menjangkau pelaku UMKM di kecamatan terdekat. Dirinya berharap pemerintah daerah dapat terus membantu Dekranasda sehingga ke depan mampu melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha di setiap kecamatan di Kubu Raya.

“Ibu-ibu di setiap kecamatan di Kubu Raya sangat antusias pada usaha kerajinan dan UMKM. Mudah-mudahan ke depannya Dekranasda dapat menjangkau kegiatan yang lebih jauh lagi,” pungkasnya. (ian)

Comment