Kekeringan, Pemkab Ketapang Salurkan Air Bersih ke Empat Kecamatan

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten Ketapang merespon cepat hasil audiensi bersama  Komunitas Bhakti Sosial Lintas Agama terkait upaya penyaluran air bersih kepada masyarakat yang terkena dampak kekeringan.

Untuk menyalurkan air bersih yang layak konsumsi kepada masyarakat yang terdampak kekeringan, Pemerintah Kabupaten Ketapang akan mengoperasikan lima unit mobil tangki, Senin (26/8/2019) siang.

“Lima unit mobil tersebut akan dioperasikan ke empat kecamatan yakni Kecamatan Matan Hilir Selatan, Matan Hilir Utara, Kecamatan Benua Kayong dan Kecamatan Muara Pawan,” ujar Asisten II Setda Ketapang, Edy Junaidi.

Baca Juga :  Martin Rantan Kembali Aktif Sebagai Bupati Ketapang

Edy mengatakan, penyaluran air bersih tersebut akan dilakukan selama lima hari yang dimulai sejak Senin (26/8/2019). Satu hari hanya akan ada satu operasinal penyaluran. Jika hujan tiba penyaluran air bersih dihentikan.

Edy menambahkan, lima mobil tangki yang akan dioperasionalkan tersebut akan mengambil air bersih siap konsumsi di waduk yang berada Desa Sungai Awan Kanan, Kecamatan Muara Pawan. Masyarakat diminta menyimpan wadah penyimpanan air seperti drum dan jerigen di depan jalan yang dilalui mobil milik pemerintah yang menyalurkan air bersih.

Baca Juga :  Bersama Bupati, Wakil dan Sekda Ketapang, KSP Moeldoko Kunjungi Stand Bazar UMKM

“Jadi yang perlu ditekankan disini, titik-titik yang dibantu ini adalah daerah yang paling terdampak berat kekeringan, jadi yang kami prioritaskan adalah masyarakat yang sangat membutuhkan,” tukasnya.

Edy mengatakan upaya cepat yang dilakukan pihaknya ini merupakan perintah langung dari Bupati Ketapang, Martin Rantan.

“Jadi ini benar-benar kita beri pelayanan yang baik dan maksimal kepada masyarakat. Intinya pemerintah hadir disaat seperti ini,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment